City Branding

Profil

City branding merupakan identitas suatu kota yang berguna untuk memasarkan segala aktivitas dari kota tersebut terutama potensi wisata dan budayanya. Adapun city brading Kota Probolinggo adalah Impressive Probolinggo Citysebagaimana telah ditetapkan dalam Peraturan Walikota Probolinggo Nomor 105 Tahun 2018 tanggal 16 Agustus 2018 tentang Logo City Branding Kota Probolinggo.

Impressive Probolinggo City dimaknai Kota Probolinggo yang berkesan, menginspirasi, memiliki potensi untuk dimaksimalkan dan menawarkan ragam pengalaman, pesona yang mengesankan bagi para wisatawan yang berkunjung dan investor yang datang ke Kota Probolinggo, dimana Kota Probolinggo masih memiliki adat istiadat dan budaya yang cukup kental serta memiliki banyak ragam budaya.

Secara  rinci  dapat  dijelaskan  tentang  makna  logo  dan  warna  Impressive Probolinggo Citysebagai berikut :

Makna Logo :

  • Logotype Impressive Probolinggo City merupakan penggunaan huruf yang tidak kaku serta cenderung luwes, yang bermakna bahwa masyarakat Kota Probolinggo terdiri dari 4 (empat) sub culture besar yang ada di Kota Probolinggo yaitu etnis Jawa, etnis Madura, etnis Arab, dan etnis Tionghoa yang bisa hidup berdampingan dengan rukun, sehingga timbul budaya baru yang unik dan humble, dengan warna yang   cera sebagai   ciri   budaya   dari   masyarakat   Pendhalungan   sehingga memberikan pesan dinamis yang berkembang
  • Logogram  Mangga  dan  Laut  berwarna  Biru  berbentuk  menyerupai  ombak, merupakan simbol elemen air dan angin, dimana Kota Probolinggo yang berada di daerah pantai memiliki keunggulan dan potensi dari sektor sumber daya alam laut serta angin yang menjadi julukan Kota Angin/Bayu
  • Logogram   Mangga   dan  Laut   berwarna   Hijau   berbentuk   menyerupai   daun, merupakan simbol warna alam, pertanian, potensi sumber daya alam, daun anggur dan   mangga   (Angga)   sebagai   ikon   utama   dari   Kota   Probolinggo   serta melambangka kehidupan kesegaran   serta   pembaharua serta   kedamaian meskipun Kota Probolinggo memiliki berbagai macam budaya dan agama yang beragam tapi tetap rukun dn tentram serta masyarakatnya yang religius.
  • Logogram Mangga dan Laut berwarna Orange merupakan representasi dari kondisi Kota  Probolinggo  yanpenudengan kehangataserta  keramahan,  hubungan sosial  yang ramah dan nyaman serta representasi dari buah mangga Arum Manis yang merupakan buah khas Kota Probolinggo.
  • Logogram Mangga dan Laut berwarna Magenta adalah merupakan representasi perwujudan dari berbagai kumpulan potensi yang ada di Kota Probolinggo dengan harmonisasi aspek budaya, agama, pendidikan, potensi sumber daya alam, serta masyarakat Kota Probolinggo yang humble dan menyenangkan.

Makna Warna :

  • Merah,  mempunyai  makna  semangat  yang  merupakan  representasi  dari  Kota Probolinggo sebagai wilayah yang kaya potensi, memiliki kekuatan serta ketegasan ciri khas warna yang kuat dan tajam sebagai bagian dari ciri khas masyarakat Pendhalungan   dan   masyarakat   pesisir,   mengindikasikan   kedinamisan   dan keramahan masyarakat Kota Probolinggo
  • Biru, memiliki makna filosofi elemen air dan angin, dimana Kota Probolinggo yang berada  di  daerah  pantai,  warna  biru  juga  bermakna  ketenangadan  kualitas harmoni yang berasosiasi dengan laut dan langit
  • Hijau, Mempunyai makna alam, tumbuh, keseimbangan, representasi dari kondisi Kota Probolinggo yang memiliki potensi alam yang luar biasa berlimpah, dengan hutan mangrove, dan wisata baharinya serta melambangkan kehidupan, kesegaran serta pembaharuan
  • Orange, Melambangkan kehangatan, kenyamanan, keceriaan, bahkan optimisme
  • Magenta, Warna magenta merupakan perpaduan antara warna merah dan ungu, yang mampu menciptakan keseimbangan sub culture besar yang ada di Kota Probolinggo (etnis Jawa, etnis Madura, etnis Arab, etnis Tionghoa) serta budaya baru yaitu Pendalungan

 

BAGIKAN