BALAI BAHASA JAWA TIMUR LAKUKAN KOORDINASI TERKAIT BAHASA MEDIA MASSA

2019-2020

Probolinggo, 9/7/2019 - Radio menjadi salah satu media massa yang masih favorit bagi masyarakat Kota Probolinggo. Untuk itu, sangat penting bagi pengelola radio untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Balai Bahasa Jawa Timur , Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hari ini (9/7) melakukan koordinasi pengawasan dan pengendalian penggunaan bahasa media massa di Kota Probolinggo yang dilaksanakan di ruang rapat Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Probolinggo.

Dalam materinya, Mustakim, selaku kepala Balai Bahasa Jawa Timur, mengatakan bahwa tujuannya hadir di Kota Probolinggo untuk berkoordinasi dengan pengelolah media massa dan selanjutnya akan ditentukan media  yang akan dilakukan pemantauan dalam penerapan bahasa Indonesia dalam kegiatan jurnalistik.

Hasilnya akan dilanjutkan dengan  penyuluhan penggunaan bahasa Indonesia kepada para pengelolah media massa.  Harapannya, penggunaan bahasa media massa dapat menggunakan bahasa Indonesia yang benar. "Bahasa Indonesia yang benar, dan menyejukkan, bahasanya lebih teratur," ujar Mustakim.

Mustakim  menjelaskan bahwa sasarannya adalah para pengguna bahasa seperti insan media, guru, pendakwah, bahkan para pengusaha, sehingga nantinya ada pembinaan kepada pengguna bahasa dan masyarakat dapat lebih disiplin dalam penggunaan bahasa Indonesia.

Mustakim juga menjelaskan bahwa media massa merupakan etalase penggunaan bahasa, rujukan dalam penggunaan bahasa, pembina bahasa. Selain media massa juga sebagai pengembang bahasa, peran insan media sangat besar, maka penggunaan bahasa jurnalistik yang baik dan benar harus sesuai dengan situasi kondisinya.

"teman media dapat melakukan pembinaan bahasa yang baik, caranya dengan senantiasa menulis dengan bahasa yang benar," katanya.

Mustakim juga menambahkan tentang tanggung jawab  media massa yang diatur dalam pasal 3 (1) UU No. 40 Tahun 1990, bahwa media bertanggung jawab untuk memberi informasi dan mengawasi.

Aman Suryaman, kepala Diskominfo Kota Probolinggo, menyambut gembira kegiatan pagi ini, sebab ada 6 daerah di Jawa Timur yang akan dipantau oleh Balai Bahasa Jawa Timur, yang nantinya akan mendapat pembinaan. Hal ini akan memberi banyak informasi untuk  bermanfaat untuk media massa di Kota Probolinggo, sehingga berita yang dikabarkan menyejukkan. "Semoga bermanfaat  untuk kita semua, " kata Aman. (Yoke

BAGIKAN