BEGINI KESERUAN LOMBA TARIK MOBIL DAMKAR DI KOTA PROBOLINGGO

2019-2020
KANIGARAN - Pemerintah Kota Probolinggo punya cara unik memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Damkar ke 101, Satpol PP ke 70 dan Satlinmas ke 58. Yaitu, dengan menggelar gowes bareng wali kota dan lomba tarik mobil damkar seberat 12.050 kg di depan kantor wali kota, Jumat (13/3) pagi. 
 
Gowes yang mengikuti kerumunan peserta ini mengikuti Wali Kota Hadi Zainal Abidin, Wawali Mochammad Soufis Subri, Dandim 0820 Letkol Inf Imam Wibowo, Sekda drg Ninik Ira Wibawati dan sejumlah pejabat serta komunitas dan kalangan masyarakat. 
 
IMG 20200313 WA0030Rute gowes bareng wali kota pusat Jalan Panglima Sudirman - Jalan Soekarno Hatta - Jalan Brantas - Jalan Kapuas - Jalan KH Dewantara - Jalan Slamet Riyadi - Gladak Serang - Jalan Cokroaminoto - Jalan Pahlawan - Jalan Panglima Sudirman - finish kembali ke kantor wali kota. 
 
Berbagai hadiah seperti sepeda, televisi, kipas angin dan hadiah hiburan lainnya disediakan melalui kupon yang sudah terkenal. Salah satu anggota Satpol PP berhasil membawa pulang sepeda, dengan senangnya sampai ia rela push up sebelum hadiah diserahkan. 
 
Lomba tarik mobil damkar semakin memeriahkan kegiatan pagi itu. Tidak hanya instansi vertikal dan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo, para wartawan pun ikut jadi peserta lomba truk damkar jenis Isuzu 240 PS dan gowes. 
 
Aturan dalam lomba tarik truk damkar, satu tim berisi enam orang dengan ketentuan harus berhasil menarik truk sepanjang 17 meter. Durasi waktu tercepat, yaitu yang menjadi pemenang. Keseruan, teriakan histeris dan beri semangat selalu terjadi saat tim mulai menarik tambang.  
 
IMG 20200313 WA0024Tiga tim yang menjadi pemenang adalah tim Sekretariat Daerah dengan kecepatan 17,88 detik mendapat uang tunai Rp 1,5 juta; juara kedua dengan waktu 18,13 detik diraih Kodim 0820 yang mendapat hadiah Rp 1 juta dan ketiga tim gabungan (Bappeda Litbang, Dinas Perpustakaan dan Arsip, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata) mencatat waktu 18,18 detik berhasil membawa hadiah Rp 750 ribu. 
 
Agenda gowes dan lomba ini ditempatkan agar keberadaan Damkar, Satpol PP, dan Satlinmas lebih dirasakan masyarakat. Di HUT ini, Wali Kota Habib Hadi berharap ke depan Damkar, Satpol PP dan Satlinmas bisa lebih baik lagi. 
 
“Kemarin sudah baik dan bagus. Dengan adanya pelayanan dan perhatian terhadap keluhan masyarakat melalui call center 112 yang dimotori Satpol PP dengan tanggap. Tahun ke depan harus lebih baik lagi, ”seru Habib Hadi. 
 
Disamping itu, untuk memaksimalkan pelayanan damkar, fasilitas mobil damkar rencananya akan ditambah khususnya kendaraan yang dapat menyuplai air ke jalan-jalan kecil di Kota Probolinggo. “Semoga bisa terwujud, sehingga tidak ada lagi penanganan penanganan kebakaran,” imbuh wali kota. (famydecta)
 

Pemkot Probolinggo punya cara unik dalam memperingati Hari Jadi Petugas Pemadam Kebakaran ke 101, HUT ke-70 Satpol PP (Badan Ketertiban Umum), dan HUT ke-58 Satuan Tugas Perlindungan Masyarakat (Satlinmas). Balap sepeda bersama walikota dan perlombaan tarik truk pemadam kebakaran 12,05 ton di depan kantor walikota digelar pada Jumat (13/3).

Kegiatan bersepeda yang diikuti ribuan orang ini dipimpin oleh Walikota Hadi Zainal Abidin, Wakil Walikota Mochammad Soufis Subri, Camat 0820 Imam Wibowo, Sekretaris Daerah drg Ninik Ira Wibawati, jajaran dan masyarakat lainnya.

Rute bersepeda berada di Jl Panglima Sudirman - Jl Soekarno Hatta - Jl Brantas - Jl Kapuas - Jl KH Dewantara - Jl Slamet Riyadi - Gladak Serang - Jl Cokroaminoto - Jl Pahlawan - Jl Panglima Sudirman, sebelum kembali ke kantor walikota.

Beragam hadiah antara lain sepeda, televisi, kipas angin, dan hadiah lainnya diundi menggunakan kupon. Salah satu anggota Satpol PP mendapatkan sepeda hasil undian. Dia sangat senang karena dia melakukan push-up sebelum menerima motornya.

Lomba tarik mobil pemadam kebakaran juga menjadi acara menarik lainnya dalam peringatan tersebut. Tidak hanya instansi vertikal dan unit kerja tetapi juga wartawan membuat kompetisi ini semakin menarik.

Pada kompetisi tersebut, tim yang terdiri dari 6 orang harus menarik truk sejauh 17 meter. Yang tercepat akan memenangkan persaingan.

Tiga tim yang menjadi juara adalah tim dari Sekretariat Daerah yang mencatatkan waktu 17,88 detik dan mendapatkan Rp 1,5 juta; Juara kedua diraih Kodim Kodim 0820 dengan 18,13 detik dan mendapat Rp 1 juta, dan tim gabungan dari beberapa satuan kerja menjadi juara ketiga dengan 18,18 detik dan mendapat Rp 750 ribu.

Acara tersebut diadakan untuk menyadarkan masyarakat akan peringatan tersebut. Di hari jadinya, Walikota Habib Hadi berharap ketiga institusi tersebut bisa lebih baik lagi.

“Mereka sudah menunjukkan kinerja yang baik dengan memberikan pelayanan yang terbaik atas pengaduan masyarakat melalui call center 112. Tahun depan harus lebih baik lagi,” kata Habib Hadi.

Selain itu, untuk meningkatkan pelayanan, petugas pemadam kebakaran akan memiliki kendaraan yang lebih banyak untuk menjangkau lebih banyak gang di kota tersebut. “Semoga bisa terlaksana agar tidak ada perlambatan penanganan kebakaran,” imbuhnya. (alfien_tr)

BAGIKAN