CALON PEMILIH PEMILU IKUTI SOSIALISASI KPU

2019-2020

MAYANGAN - Menjelang pemilu serentak yang diadakan pada 2024 mendatang, Badan Kesatuan Politik (Bakesbangpol) Kota Probolinggo menggelar Sosialisasi Pengembangan Etika dan Budaya Politik, Kamis (20/2), dengan mengundang 100 orang perwakilan pelajar SMP Negeri se- Kota Probolinggo.

Acara yang digelar pagi itu mengundang pelajar berusia 13 hingga 14 tahun agar mereka dapat dilibatkan pada pemahaman politik secara matang.  “Untuk memberikan wawasan serta pemahaman sebagai bekal pelajar perwakilan SMP Negeri se- Kota Probolinggo tentang wahana demokrasi  yang sesuai dengan etika dan budaya masyarakat berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” ucap  Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Bakesbangpol Abdi Firdausi dalam laporannya.

Narasumber kegiatan ini, Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Probolinggo Ahmad Faruk dan Kapolres Probolinggo Kota yang diwakili Kasat Binmas AKP Retno Utami. Turut hadir 9 orang Siswa Sekolah Polisi Negara (SPN) Mojokerto, dengan maksud memberikan motivasi kepada sejumlah perwakilan pelajar SMPN yang hadir.

IMG 20200220 WA0046Ya, pemahaman politik itu perlu. Setiap hari dalam kehidupan tak lepas dari politik. Politik tidak dapat diabaikan, dan politik dapat memberikan manfaat yang baik jika cara yang ditempuh baik. Adakalanya kita harus mengetahui hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam berpolitik seperti Money Politik dan Black Campaign. “Pemimpin yang berkualitas akan dihasilkan dari pemilu yang berkualitas. Jangan sampai kita terima uang agar menjual hak pilih kita pada tokoh yang tidak berkualitas. Dan kita pun jangan menyebarkan fitnah, hasut dan adu domba saat politik. Karena pemimpin yang berkualitas akan menghasilkan program-program yang berkualitas,” buka Wakil Wali Kota Probolinggo, H. Moch Soufis Subri dalam sambutannya pagi itu diikuti tepuk tangan riuh seisi gedung kantor Bakesbangpol.

Wawali juga mengingatkan, ibarat pisau, pistol dan jarum suntik merupakan benda yang jika digunakan sesuai dengan kegunaan dan fungsinya, tentu akan berguna. Namun, saat ketiga benda tersebut digunakan bukan pada fungsinya, hal yang diperoleh adalah sia-sia dan tidak bermanfaat.

Hal yang sama terjadi pada pelajar, yang memiliki tugas utama untuk belajar. “Untuk itu belajar merupakan kewajiban seorang pelajar, jangan menghindar dari politik. Ikutlah belajar di dalamnya, karena politik itu baik, yang tidak baik adalah manusianya,” ujarnya.

Masih menurut Subri, sesuatu yang dikerjakan dengan penuh kesabaran dan ketekunan akan memberikan hasil yang baik. “Ibarat menanam pohon jati dibutuhkan waktu yang lama sebelum proses panen tiba, supaya dapat menghasilkan kayu yang kuat dan kokoh dengan ukiran kayunya yang cantik. Begitupun, adik-adik ini ikut diundang dan diberikan materi berpolitik agar nanti pada tahun 2024 telah siap menggunakan hak pilihnya pada pemilu serentak (baik pileg, pilkada dan pilpres) secara aktif dan sportif,” urainya.

“Mudah-mudahan adik-adik ini kelak dapat menjadi politisi, pemimpin daerah yang baik. Kegiatan ini tidak memberikan rasa trauma kepada adik-adik tentang politik tetapi dapat menjadikan ketertarikan tersendiri dan siap menjadi kader-kader pemimpin di Kota Probolinggo,” pesannya diamini para pelajar. (dewi)

Ahead of simultaneous elections 2024, National Unity and Politics Agency (Bakesbangpol) held Dissemination on Ethics Development and Political Culture on Thursday, inviting 100 participants from state junior high-school SMPN throughout Probolinggo city.

The event invites 14-year-old students so that they can get political understanding. “To give them concept and understanding on democracy based on ethics and cultures of Indonesia five pillars Pancasila and 1945 Constitute,” the head for domestic politics division of Bakesbangpol, Abdi Firdausi said in his report.

The speaker of the event was Ahmad Faruk from General Election Commission and Retno Utami from the city’s police unit. 9 students of State Police School (SPN) Mojokerto were also attending the event to give the participants motivation.

Understanding politics is necessary. Every day in life is inseparable from politics. It cannot be ignored, and politics can provide good benefits if done in a proper way. Sometimes we have to know things that can and cannot be done in politics such as money politics and black campaigns.

“A high-quality leader could be earned from high-quality politics. Don’t you dare to receive money to vote for an unqualified candidate. A high-quality leader will make high-quality programs as a result,” the Vice Mayor Mochammad Soufis Subri said.

He also reminded, similar to a knife, a gun or needle are useful things when used properly. Otherwise, they can be dangerous and may harm other people.

The same thing goes to the students, who have the duty to study. “Therefore, to study politics is also an obligation for the students. You better learn a lot about politics, because it’s a good thing; the ones are not are they who misuse the politics,” he said.

According to Subri, things done with full of patience would earn a good result. “You all invited to have the dissemination on politics to get you prepared in simultaneous elections in 2024, and be ready to use your vote properly,” he said.

“Hopefully, you all can be politicians someday, a good leader. The event is expected not to be afraid of politics, but an attraction instead, and be ready to be the future leaders in the city,” the vice mayor said. (alfien_tr)

BAGIKAN