EDUCATION FAIR 2019, SOLUSI BIMBINGAN KARIR BAGI PELAJAR PROBOLINGGO

2019-2020

Probolinggo, 12/2/2019. Selasa (12/2),  Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) Kota Probolinggo menggelar acara Education Fair 2019. Ekspo pendidikan yang diselenggarakan di Gor Kedopok Jl. Mastrip ini bertujuan untuk memfasilitasi dan memberikan informasi sekolah lanjutan maupun dunia kerja kepada para pelajar SMA/SMK/MA kelas 12 di Kota maupun Kabupaten Probolinggo.

Dian Riska Yuniarti, Ketua MGBK SMA/SMK/MA Kota Probolinggo mengatakan, ini adalah kegiatan yang ke 7 kalinya. "Kali ini kami mengundang beberapa Perguruan Tinggi negeri maupun swasta yang ada di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Bali,” jelasnya.

Dian menambahkan, sebagai guru bimbingan dan konseling, mereka memiliki tanggung jawab besar terhadap kelanjutan karir anak didiknya. "Bagi pelajar SMA yang kebanyakan berminat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, kami fasilitasi dengan memberikan berbagai informasi perguruan tinggi yang dapat ditanyakan secara langsung kepada beberapa perguruan tinggi yang telah kami undang saat ini,” imbuhnya.

Sedangkan bagi pelajar SMK, menurut Dian tahun ini pihaknya juga mewadahi dengan menghadirkan Biro Kerja Khusus (BKK) yang bekerjasama dengan sekolah untuk memberikan informasi seputar dunia kerja. Hal ini dikarenakan tidak semua pelajar SMK melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi melainkan terjun ke dalam ke dunia kerja.

“Tidak hanya pelajar Kota Probolinggo, hari ini kami juga mengundang para pelajar SMA/SMK/MA dari Kabupaten Probolinggo,  sehingga jumlah pengujung yang datang sekitar 4.000 orang pelajar dari Kota dan Kabupaten Probolinggo. Sedangkan untuk perguruan tinggi yang kita undang baik dari perguruan tinggi negeri dan swasta berjumlah 62 perguruan tinggi dan 1 peserta dari Biro Kerja Khusus, sehingga jumlah total ada 63 peserta," ujarnya.

Dian menambahkan, perguruan tinggi yang hadir hari ini diantaranya POLTEKES, ITN, UNMER dan UM. Ia berharap dengan kegiatan ini, dapat memberikan informasi seluas-luasnya bagi para siswa sehingga dapat membantu mereka dalam memilih sekolah lanjutan dan pilihan karirnya.

Probolinggo Education Fair 2019 dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Kota/Kabupaten Probolinggo, Kresna Herlambang yang dilanjutkan dengan pelepasan balon. Selain itu hadir pula Pengawas Cabang Dinas Kota/Kabupaten Probolinggo, Disdikpora, Diskominfo, DKUPP, Camat dan Lurah Kedopok, Polres Probolinggo serta Kepala Sekolah SMK/SMA/MA Negeri dan Swasta Kota Probolinggo. Dalam sambutannya, Kresna mengungkapkan apresianya terhadap MGBK. “Saya berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti di sini, dan bisa terus dikembangakan,”ungkapnya. (art)

BAGIKAN