HARI TERAKHIR KUNJUNGAN, NILLS BERNER DAN JESSICA DISKUSIKAN KERJASAMA PEMKOT DAN HELSINGBORG

2019-2020

Probolinggo, 5/7/2019 - Hari terakhir Nills Berner dan Jessica di Kota Probolinggo, dilanjutkan dengan agenda diskusi akhir pemantapan kerjasama antara Pemkot Probolinggo dan Helsingborg. Ditemui Kepala Bidang  Penelitian dan Pengembangan (Litbang) pada Bappeda Ari Puspito di ruang pertemuan Bappeda, diskusi pagi ini berlangsung hangat.

Delegasi dari Swedia itu lantas dimintai masukan tentang segala sesuatu untuk Kota Probolinggo yang lebih baik, sebelum mereka meninggalkan kota dengan ikon Seribu Tamannya itu. 

“Diskusi hari ini menyinggung beberapa hal yang dibutuhkan oleh mereka terkait beberapa data tentang kondisi Kota Probolinggo. Jadi, Helsingborg dan Kota Probolinggo itu punya karakter yang sama. Sama-sama ada di pesisir pantai dan punya program unggulan dalam mengelola sampah. Nah terkait masalah sampah ini nantinya dari hulu ke hilir dibahas secara mendalam terutama sampah-sampah yang memiliki nilai ekonomis, tahap demi tahapannya termasuk nominal harga per item di setiap tahapannya berapa itu juga dikupas. Dan bagaimana kita bisa memangkas tahapan-tahapan yang sedemikian banyaknya menjadi lebih ringkas, sehingga nilai ekonomisnya lebih bisa kita manfaatkan dan masyarakat dalam hal ini bisa mendapat hasil yang lebih besar pula,” jelasnya

Kerjasama dengan Swedia sendiri, lanjut Ari, sudah sesuai dengan visi RPJMD Kota Probolinggo tahun 2019-2024. Yakni 'Membangun Bersama Rakyat untuk Kota Probolinggo yang Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman dan Berkelanjutan' dan upaya mewujudkan misi 'Membangun Potensi Daerah Menjadi Daya Tarik dalam Menciptakan Iklim Investasi yang Didukung Infrastruktur Ramah Lingkungan'. (Sonea)

BAGIKAN