JELANG PEMILU 2019, KPU AUDIENSI DENGAN WALI KOTA PROBOLINGGO

2019-2020

Probolinggo, 11/2/2019. Bertempat di Ruang Transit Kantor Wali Kota Probolinggo, siang ini (11/2) digelar Audiensi KPU Kota Probolinggo bersama Wali Kota dan Bakesbangpol.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KPU Kota Probolinggo Ahmad Hudri menyampaikan laporannya terkait kesuksesan Pilkada 2018 dan persiapan menyambut Pemilu Serentak 2019. 

"Alhamdulillah dalam pelaksanaan Pilkada tahun lalu berjalan lancar dan aman, sehingga ini menjadi acuan dan optimistime kita untuk menyukseskan Pemilu 2019 yang digelar di bulan April mendatang," ujarnya.

Lebih lanjut Hudri menambahkan jika partisipasi pemilih di Kota Probolinggo menjadi terbaik kedua di Jawa Timur. "Dengan target Partisipasi Nasional sebanyak 77,5 Persen, Kota Probolinggo melampauinya hingga 83 Persen," imbuhnya.

Selain menyampaikan kesuksesan Pemilu tahun lalu, Hudri juga menyampaikan mekanisme dan teknis pelaksanaan Pemilu 2019 agar kembali mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kota Probolinggo, baik segi sosialisasi atau edukasi kepada masyarakat, pengamanan, hingga pelaksanaannya yang terkoneksi dengan Bakesbangpol maupun dengan dinas atau  instansi terkait, disamping juga meminta izin untuk penggunaan fasilitas umum milik Pemkot untuk lokasi kampanye.

Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin menyambut baik audiensi yang dilakukan pihak KPU. Menurutnya, semua harus bersinergi untuk menyukseskan Pemilu 2019 yang sudah di depan mata.

"Pemkot tentunya sangat mendukung untuk kesuksesan Pemilu serentak tahun ini. Untuk itu KPU juga harus terus menjalin komunikasi dan kerja sama yang baik pada dinas dan instansi terkait," ujarnya.

Habib Hadi menambahkan bahwa dirinya memberikan izin untuk pemanfaatan fasilitas umum sebagai lokasi kampanye dengan syarat dan ketentuan berlaku. 

"Saya setuju - setuju saja kalau fasilitas pemerintah akan dimanfaatkan sebagai lokasi kampanye nantinya, asalkan ada pengajuan yang jelas dengan mempertimbangkan beberapa faktor. Karena semakin banyak tempat untuk kampanye akan semakin baik, apalagi kalau lokasinya terpecah - pecah sehingga terjadi pemerataan dan masyarakat di pinggiran juga bisa mengetahui," imbuhnya. 

Habib Hadi juga berharap agar Pemilu 2019 ini berjalan aman, lancar dan kondusif sehingga dibutuhkan kerja sama yang baik dari semua pihak.

Setelah acara Audiensi selesai, KPU Kota Probolinggo menyerahkan buku laporan dan buku penyelenggaraan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo Tahun 2018, serta penyerahan maskot KPU Kota Probolinggo "Prabu Linggih" yang diterima langsung oleh Wali Kota Probolinggo. (Crl)

BAGIKAN