PERINGATI HARI KEBANGKITAN NASIONAL, DEKOPINDA KOTA PROBOLINGGO BAGIKAN SEMBAKO

2019-2020

MANGUNHARJO - Koperasi merupakan soko guru ekonomi kerakyatan. Di Kota Probolinggo ada sekitar 200 gerakan koperasi dan sekitar 155 koperasi berstatus sehat dan aktif. Hal ini menjadikan kekuatan ekonomi koperasi, karena keuntungan dan kesejahteraannya akan kembali kepada anggotanya.

IMG 20200520 WA0059Ya, Dekopinda merupakan satu-satunya organisasi tunggal yang dibentuk oleh gerakan koperasi yang memiliki tupoksi memperjuangkan dan menyalurkan aspirasi koperasi. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Dekopinda Kota Probolinggo Agus Lithanta dalam acara pembagian sembako untuk penarik becak, sopir angkutan umum, dan sopir ojek online (ojol), Rabu (20/5) pagi.

Acara yang dihadiri Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin didampingi Ketua DPRD Abdul Mujib melakukan penyerahan bantuan paket sembako secara simbolis di Halaman Kantor Dekopinda yang beralamat di Jalan Basuki Rahmat itu.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk meringankan beban masyarakat terdampak COVID 19 dengan membagikan paket sembako yang diperoleh dan dikumpulkan dari gerakan koperasi yang ada di Kota Probolinggo. Hari ini kita bagikan sebanyak 430 paket sembako,” ujar Agus.

IMG 20200520 WA0060Masih menurut Agus, kegiatan ini bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional dengan maksud agar bangsa ini bangkit di tengah keterpurukan akibat pandemi COVID 19 yang melanda. Menggalang kekuatan kebersamaan untuk melawan COVID 19, yang kuat membantu yang lemah.

Wali Kota Hadi Zainal Abidin mengapresiasi giat ini dan mengungkapkan rasa bangganya pada warga Kota Probolinggo. Pasalnya, pandemi ini melibatkan masyarakat saling peduli, ikut bahu membahu, membantu satu dengan lainnya yang tidak dimiliki kota lain. “Alhamdulillah, Kota Probolinggo beda. Bantuan demi bantuan terus mengalir di wilayah Kota Probolinggo, baik dari pemerintah, CSR dan lainnya, menggugah empati dan peduli warganya. Mudah-mudahan pandemi ini segera berlalu, dan kita bisa hidup normal seperti sedia kala,” harapnya. (dewi)

 


Cooperatives are the backbone of the national economy. Probolinggo city has 200 cooperatives movements, 155 cooperatives are in good health and active. This will be the main economic power of the cooperatives as the profit will be fairly distributed to the members.

 

Indonesian Cooperatives Council (Dekopinda) is the only organization established by the cooperatives movement, with a function to fight for and materialize the cooperatives aspiration. It was stated by the Chairman of Probolinggo City Dekopinda, Agus Lithanta when distributing staple-food packages to becak (pedicab), public transport, and online transportation drivers on Wednesday (20/5).

Probolinggo Mayor Hadi Zainal Abidin who attended the event handed over the packages symbolically at the front yard of the Dekopinda office. “The event objective is to ease the burden of people being affected by COVID-19. We distribute staple-food packages financed by the cooperatives movement in the city. 430 packages are distributed today,” Agus said.

According to Agus, the event is held simultaneously with the commemoration of National Awakening Day, to have the nation revives amid the COVID-19 pandemic, to develop power in combating COVID-19.

Mayor Hadi Zainal Abidin appreciates the event and is proud of the city residents. The pandemic has called the people to participate in helping each other. “Thank God, many participate in helping each other amid the pandemic. Hopefully, the pandemic will soon be ended and we can live normal as we used to be,” he hopes. (alfien_tr)

BAGIKAN