PISAH SAMBUT KSOP KELAS IV PROBOLINGGO DIHADIRI WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA

2019-2020

Probolinggo, 1/2/2019. Bertempat di Gedung Bale Hinggil Paseban Sena, Jum’at (1/2) malam, telah berlangsung acara Pisah Sambut Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Probolinggo dari Eko Winarno ke Capt. Subuh Fakkurahman dan Pelepasan Kasubsie Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli Judi Sugiarto ke KSOP Kelas III Lembar, Nusa Tenggara Timur.

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo yang baru saja dilantik beberapa waktu lalu, Habib Hadi Zainal Abidin dan HMS. Subri pun berkenan menghadiri secara langsung acara malam tadi. Tampak pula Kapolresta Probolinggo, Alfian Nurrizal, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Forkopimda, perwakilan PT. Delta Artha Bahari Nusantara (DABN) dan Pelindo III Probolinggo serta para undangan. 

Habib Hadi pada kesempatan itu mengajak seluruh stakeholder untuk bergandengan tangan memajukan serta meningkatkan potensi pelabuhan Probolinggo. Ia menyebut akan mengundang secara resmi pihak-pihak terkait untuk bersinergi dan melakukan kerjasama di bidang kelautan. “Semoga energi baru ini bisa membawa hal baru yang positif untuk Probolinggo ke depannya,” tandasnya.

Eko Winarno, mantan KSOP yang telah memasuki masa purnatugas itu dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya atas dukungan dan kerjasama semua pihak yang membantu suksesnya kepemimpinannya selama ini. 

Ia menambahkan, pelabuhan merupakan kegiatan pengusahaan yang dipergunakan sebagai tempat kapal bersandar, naik turun penumpang dan bongkar muat barang, berupa terminal dan tempat berlabuh kapal yang dilengkapi dengan fasilitas keselamatan dan keamanan pelayaran dan kegiatan penunjang pelabuhan serta sebagai tempat perpindahan intra dan antar moda transportasi.

“Pelabuhan menjadi salah satu unsur penentu terhadap aktivitas perdagangan. Pelabuhan yang dikelola secara baik dan efisien akan mendorong kemajuan perdagangan, bahkan industri di daerah akan maju dengan sendirinya. Dan dari sinilah peranannya dinilai sangat penting, dimana pelabuhan menjadi jembatan penghubung pembangunan jalan raya, jaringan rel kereta api, dan pergudangan tempat distribusi,” ujarnya.

Sementara itu KSOP yang baru, Capt. Subuh Fakkurahman mengaku siap melanjutkan dan meningkatkan program-program kerja yang sudah berjalan maupun yang belum terealiasasi sebagai tugas dan amanahnya yang diemban. Selain itu ia berharap semua pemangku kepentingan bisa bersinergi untuk membuat layanan di pelabuhan lebih baik lagi. (Sonea)

BAGIKAN