PROBOLINGGO PERSIAPKAN VERIFIKASI KOTA SEHAT TINGKAT NASIONAL TAHUN 2019

2019-2020

Probolinggo, 12/2/2019. Rapat koordinasi persiapan verifikasi kota sehat digelar di Bappeda Litbang Selasa (12/2). Rapat dihadiri oleh OPD beserta Tim Pembina dan juga Forum Kota Sehat.

Asisten Pemerintahan, Gogol Sudjarwo yang membuka rapat memberikan arahan bahwa verifikasi tahun ini adalah untuk memperebutkan penghargaan Swasti Sabha Wistara untuk yang keempat kalinya.

"Dan untuk tahun ini, ada peningkatan penilaian yang lebih sulit. Oleh sebab itu, kita harus benar-benar membenahi tatanan yang mendapatkan catatan kekurangan dari tim verifikasi," ujarnya.

Gogol menambahkan bahwa masih 13 kelurahan yang dinyatakan sudah ODF (Open Defecation Free), hal ini masih perlu penanganan yang lebih agar semua kelurahan bisa ODF.

"Meskipun kita sudah mau meraih penghargaan yang keempat kalinya, tapi kita masih harus kerja keras terutama yang berkaitan dengan titik kelemahan Kota Probolinggo, antara lain itu tadi, menjadikan semua kelurahan ODF, membenahi indikator dokumen Kota Sehat dan juga menempatkan juru bicara yang benar-benar pintar menjelaskan di masing-masing Pokja," imbuhnya.

Kepala Bappeda Litbang yang sekaligus sebagai Ketua Tim Pembina Kota Sehat, Rey Suwigtyo mengatakan bahwa ada 10 tatanan yang mendapatkan catatan dari tim verifikasi, dimana masing-masing tatanan mempunyai kekurangan sendiri-sendiri.

Tyo, sapaan akrabnya, menjelaskan langkah apa yang harus diambil dalam usaha membenahi kekurangan tersebut.

"Pelaksanaan verifikasi masih sekitar bulan Agustus - September,  jangan sampai pada bulan tersebut  malah kita kendor kurang semangat, oleh sebab itu sudah harus dirancang apa-apa yang bisa dilakukan mulai dari awal tahun ini," ujarnya.

Setelah sesi diskusi yang cukup panjang, rapat ditutup dengan rencana kegiatan dari masing-masing OPD yang harus diisi pada  form yang sudah tersedia, juga rencana koordinasi persiapan verifikasi berikutnya (Vie).

BAGIKAN