SEKDA KOTA TUTUP RAKOR PENYUSUNAN ROADMAP PENGENDALIAN INFLASI KOTA PROBOLINGGO 2019-2021

2019-2020

Malang, 11/7/2019 - Memasuki hari kedua pelaksanaan, masing-masing tim teknis OPD seperti Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan, Bank Indonesia Perwakilan Malang, Bappeda Litbang, Dinas Perhubungan, Dinas Perikanan, Dinas Komunikasi dan Informatika dikoordinatori Bagian Administrasi Perekonomian dan Perwakilan BI Malang melakukan presentasi draft roadmap, dengan diskusi dan tanya jawab, dalam agenda Rapat Koordinasi Penyusunan Roadmap Pengendalian Inflasi Kota Probolinggo 2019-2021, yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Probolinggo Bambang Agus Suwignyo selaku Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Probolinggo, di ruang meeting Ivory, Atria Hotel Malang, Kamis (11/7).

"Roadmap TPID ini sangat penting karena berkaitan bagaimana penanganan ketahanan pangan untuk kurun waktu tahun 2019 -2021," tegas Bambang.

Dijelaskan Bambang, roadmap tidak terpisah dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang disusun oleh masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. "Karena itu, mudah-mudahan benang merah diantara kegiatan tersebut harus nyambung khususnya antar OPD terkait, sehingga ada kesinambungan," harapnya.

Pada kesempatan itu, pria yang akan memasuki akhir masa baktinya Agustus mendatang tersebut juga menyampaikan, penguatan kerja sama antar daerah merupakan salah satu alternatif dalam menjamin kesinambungan pasokan dalam rangka mendorong terwujudnya sasaran inflasi nasional yang rendah dan stabil dan masyarakat Kota Probolinggo yang makin sejahtera.

Menurut Bambang, beberapa usulan dan masukan hasil dari diskusi dan tanya jawab tersebut diatas nantinya akan diinventarisir oleh Bappeda Litbang untuk kembali disampaikan kepada OPD terkait di lingkungan Pemkot Probolinggo.

“Termasuk adanya kontinyuitas kerjasama dalam bentuk MoU (Memory of Understanding, red) yang dilakukan tiap periode kepemimpinan Wali Kota, tidak harus melakukan perpanjangan kerjasama tiap tahunnya,” katanya.

Lalu, penyebaran Surat Edaran Wali Kota terkait himbauan menggunakan bahan pangan non beras dan penggunaan bahan non plastik dalam setiap sajian kegiatan rapat atau pertemuan yang diselenggarakan.

Rapat ini meruapakan tindaklanjut roadmap pengendalian inflasi nasional yang fokus pada pokok arahan Bapak Presiden Joko Widodo pada Rakornas Pengendalian Inflasi 2018. Dimana, pokok arahan presiden disini disingkat dalam 4K.

Rakor Penyusunan Roadmap Pengendalian Inflasi Kota Probolinggo 2019-2021 ditutup tepat pukul 11.00 WIB oleh Sekda Kota didampingi Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) A. Sudiyanto, perwakilan BI Malang Jaka Setiawan, dan Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Wawan Soegiantono. (Sonea)

BAGIKAN