SETIAP HARI BAKAL BAGIKAN RATUSAN NASI BUNGKUS UNTUK WARGA

2019-2020

KANIGARAN – Pemerintah Kota Probolinggo dalam hal ini Satpol PP dilibatkan dalam kegiatan dapur umum TNI-Polri yang terletak di lapangan Kodim 0820 Probolinggo. Mulai Rabu(15/4), dapur umum diaktifkan untuk memasak ratusan nasi bungkus yang akan dibagikan setiap hari untuk warga kota. Para koki berasal dari anggota Satpol PP, Polresta, Kodim 0820 dan Yon Zipur X.

c2ab7108 deb9 4f83 a165 bad442e43e12Kepala Dinas Satpol PP Agus Efendi menuturkan kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas TNI-Polri dan Pemerintah Kota yang tergabung dalam satgas penanganan COVID 19. Jika dalam skala besar, lanjut Agus Efendi, wali kota akan memberikan bantuan sembako bagi yang terdampak COVID 19. Sedangkan kegiatan dapur umum ini sifatnya dalam lingkup yang kecil dalam mendukung program dari Satgas penanganan COVID 19.

“Tiap hari akan kami kirimkan 10 orang anggota, untuk tenaga srikandi Satpol PP membantu memasak serta anggota lainnya ikut membantu distribusi nasi bungkus Ini ide Bapak Kapolresta untuk membagikan makan siang kepada warga di jalanan, dan ini patut diapresiasi. Untuk itu kita akan mendukung sepenuhnya. Termasuk akan berupaya mendukung bahan yang akan dimasak,”ujarnya.

Bagi Kapolresta AKBP Ambaryadi Wijaya kegiatan ini merupakan upaya untuk mengurangi beban warga, meski sederhana. “Ini bentuk kepedulian kita bagi warga yang terdampak. Setiap hari akan memasak  150 hingga 200 nasi bungkus untuk dibagikan. Menu akan berbeda setiap harinya, melibatkan sekitar 40 orang yang membantu. Saat masuk waktu makan siang akan dibagikan oleh tim ini ke abang becak, PKL, ojek maupun warga yang berada di jalan,” urainya.

36c154f3 be1c 4d30 9306 492a4bcdf1f5Hal senada juga diungkapkan oleh Dandim 0820 Letkol Inf Imam Wibowo. Menurutnya, dampak COVID 19 cukup luas, sekecil apapun harus berbuat dan peduli dengan masyarakat. “Kita bersama bahu-membahu meringankan beban masyarakat. Inilah bentuk sinergitas demi NKRI,”imbuhnya.

Siang ini, menu nasi bungkus nasi, ayam goreng, telur, tahu, tempe, buah pisang, air mineral dan krupuk. Di dalam kantong plastik, paket makan siang itu juga ditempeli tulisan yang berisi imbauan pencegahan virus korona. Antara lain petunjuk aman keluar rumah, penggunaan masker, jaga jarak aman dengan orang lain, pakai baju lengan panjang, tidak memakai aksesoris(gelang, cincin),  usahakan bertransaksi secara non tunai, dan cuci tangan pakai sabun atau gunakan handsanitizer. (yuli)

BAGIKAN