SISKIA PRO CANTIK RAIH PENGHARGAAN IDENTIK 2019, WAKILI INDONESIA KE AJANG AICTA 2019

2019-2020

Jakarta, 24/7/2019 - Kementrian Komunikasi dan Informatika kembali memberikan penghargaan Indonesia Entrepreneur Teknologi Informasi dan Komunikasi (idenTIK) 2019. Setelah melalui serangkaian proses sejak 1 April 2019 lalu, dewan juri memutuskan Siskia Pro Cantik sebagai salah satu penerima penghargaan IdenTIK 2019.

Siskia Pro Cantik merupakan salah satu inovasi dari Dinas Kesehatan Kota Probolinggo yang berupa aplikasi berbasis web, yang berpedoman pada buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan informasi kesehatan Ibu hamil, bersalin dan bayi  serta merupakan penghubung antara berbagai fasilitas kesehatan dan pemberi layanan kesehatan. Selain itu, aplikasi ini mampu memberikan informasi terkini mengenai status kesehatan ibu dan anak.

“IdenTIK cukup menarik untuk diikuti, karena disini karya yang terpilih diseleksi ketat oleh juri. Orientasi juri juga bukan hanya berhenti pada tahap seleksi nasional, tapi juga sampai ke tingkat ASEAN di ajang AICTA. Di kompetisi IdenTIK juga kita dapat banyak masukan dan kritik untuk mengembangkan karya lebih baik lagi,” tutur Ninik, Kadinkes Kota Probolinggo.

Siskia Pro Cantik adalah satu dari 18 karya terbaik kategori public sector yang terseleksi dari 196 karya dari berbagai kota di Indonesia.Tiga Karya terbaik dari masing-masing kategori nantinya akan mewakili Indonesia untuk didaftarkan di AICTA 2019.

“Besar harapan kami karya Indonesia mampu bersaing di level regional dan internasional serta berkembang menjadi unicorn dan decacorn baru di Indonesia,” kata Slamet Santoso Plt. Direktur Pemberdayaan Informatika, Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Adapun dewan juri IdenTIK 2019 di antaranya Shita Laksmi (DIPLO Geneva Internet Platform), Yudho Gri Sucahyo (ISOC Indonesia Jakarta Chapter), Barry Simorangkir (Citra Optima), Eko K. Budiardjo (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia), Didik Partono Rudiarto (Inixindo), dan Djarot Subiantoro (Aspiluki).Turut hadir dalam penyerahan penghargaan, Dirjen Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangerapan, dan Plt. Direktur Pemberdayaan Informatika, Slamet Santoso.

Setelah ditetapkan sebagai finalis Seleknas “IdenTIK” 2019, Siskia Pro Cantik yang terpilih, akan dibawa ke Ajang AICTA 2019.  AICTA (Asean ICT Award) yang akan diselenggarakan di Laos adalah program dan proyek prestisius yang disetujui oleh menteri - menteri telekomunikasi negara ASEAN. AICTA bertujuan untuk menjadi tolak ukur kesuksesan dalam hal inovasi dan kreativitas. (Hen)

BAGIKAN