STOK DAN KUALITAS PANGAN DI KOTA PROBOLINGGO AMAN

2019-2020

MAYANGAN – Tim Satgas Pangan Kota Probolinggo melakukan sidak menindaklanjuti surat edaran Gubernur Jawa Timur tentang persiapan menjelang hari besar keagamaan, Natal dan tahun baru. Hasilnya, ketersediaan dan kualitas pangan yang diperjualbelikan di Kota Probolinggo dinyatakan aman.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setiorini Sayekti menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan oleh tim satgas pangan untuk memastikan bagaimana pasokan dan kualitas dari pangan yang diperjualbelikan di pasar-pasar.

WhatsApp Image 2020 12 23 at 10.16.01

Rabu (23/12) pagi, pemantauan oleh tim gabungan sejumlah OPD, BPS dan kepolisian itu dilakukan di Pasar Baru, Pasar Kronong dan Pasar Ketapang. Menurut Asekbang, harga telur dan daging ayam cenderung mengalami kenaikan disebabkan harga bibit dan pakan ayam yang tinggi.

“Sehingga di konsumen harganya pun ikut tinggi. Untuk holtikultura, sayur mulai stabil. Dulu diawal bulan (Desember) sempat ada kekurangan produksi terkait masa panen, sekarang sedang masa panen jadi pasokannya lebih baik atau aman,” imbuh Rini-sapaan akrab Asekbang.

Rini menegaskan, masyarakat Kota Probolinggo tidak perlu khawatir karena stok pangan mencukupi dan kualitasnya juga baik. Eskalasi (kenaikan) harga mungkin akan terjadi sampai tahun baru. Biasanya setelah tahun baru menurun.

“Untuk itu masyarakat harus pintar mengelola pola konsumsi pangan di rumah, salah satunya dengan diversivikasi (aneka ragam) dengan sumber protein yang lain,” ujarnya.

Sidak pangan pagi itu juga diikuti Plt Dispertahankan Yoyok Imam, Kabag Perekonomian Heri Astuti, perwakilan DKUPP, BPS dan Polres Probolinggo Kota. (famydecta)

 


BAGIKAN