TANAM POHON ANGGUR, BENTUK DUKUNGAN PERS PADA PROGRAM PEMERINTAH KOTA PROBOLINGGO

2019-2020

KANIGARAN - Sebagai bentuk dukungan terhadap program Pemerintah Kota Probolinggo yang berkomitmen ikon kota, yaitu mangga dan anggur, insan pers di Probolinggo melaksanakan penanaman anggur dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020, Senin (17/2).

Penanaman anggur di Jalan Panglima Sudirman, sebelah barat kantor Wali Kota Probolinggo dihadiri Wali Kota Hadi Zainal Abidin, Wawali Mochammad Soufis Subri, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya, Dandim 0820 Letkol Inf Imam Wibowo, Sekda drg Ninik Ira Wibawati, perwakilan forkopimda, kepala OPD serta sejumlah perusahaan.

9260c7fe ad12 4206 9eff 3f8fc90c248dYa, sebanyak 1000 bibit anggur jenis Prabu Bestari akan ditanam di berbagai lokasi. Rencananya, bibit anggur juga akan ditanam di polsek dan koramil. Kegiatan ini sesuai dengan apa yang disampaikan wali kota, setiap kantor OPD, kecamatan dan kelurahan harus menanam anggur.

Ketua Panitia, M.Hisbullah Huda menjelaskan, penanaman anggur ini memang diadakan untuk mendukung program Pemerintah Kota Probolinggo yang sudah dikumandangkan oleh wali kota dan wawali dalam visi misinya.

“Bahwa beliau ingin mengembalikan anggur sebagai ikon Kota Probolinggo. Dan, Alhamdulillah kegiatan ini bisa terlaksana dengan melibatkan berbagai unsur dari OPD, kepolisian, TNI. Mudah-mudahan program ini berkelanjutan dan ada sebuah integrasi sebagai destinasi wisata baru di Kota Probolinggo, ”jelas wartawan dari media cetak Memorandum ini.

Sementara itu, Wali Kota Habib Hadi mengungkapkan, Hari Pers Nasional menjadi momentum kebersamaan antara pers dan pemerintah untuk membawa Kota Probolinggo lebih baik.

“Saya apresiasi gerakan teman-teman media yang ikut sukseskan pembangunan, yaitu penanaman anggur. Mudah-mudahan dengan adanya ini bisa ditiru dan disadari oleh masyarakat bahwa melestarikan ikon adalah tugas kita bersama. Masyarakat harus ikut andil dalam pencanangan ini untuk mempertahankan ikon kota, ”jelas Habib Hadi.

Mantan anggota DPR RI ini pun mengajak insan pers menjadi bagian yang mengedukasi, mengarahkan dan mewujudkan harapan masyarakat dengan memberikan berita berdasarkan fakta bukan opini. Kebersamaan yang sudah terwujud antara wali kota dan insan pers pun diharap bisa terjadi lebih baik lagi.

“Kalau perlu klarifikasi, tolong tanya. Saya yakin teman-teman semua punya komitmen akan memberitakan hal sesuai fakta yang adil. Karena apa yang pemerintah kota lakukan wajib tersampaikan ke masyarakat melalui pers. Itulah gunanya sinergi pemerintah dan media untuk bersama-sama membangun kota, ”seru politisi PKB ini.

Habib Hadi menyadari, tanpa melibatkan media, pengembangan destinasi dan potensi wisata tidak akan bisa terwujud. “Masukan-masukan kami batasi, karena kami, manusia yang punya keterbatasan. Tidak ada manusia yang sempurna, setiap manusia tidak memiliki keterbatasan. Dan, batasan itu harus kita hargai, ”seru orang nomor satu di Kota Probolinggo ini. (famydecta)

Sebagai bentuk dukungan terhadap program Pemkot Probolinggo dalam rangka penguatan ikon kota, mangga dan anggur, pers di kota tersebut melakukan gerakan menanam anggur, dalam acara pada Senin (17/2) dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional 2020.

Penanaman anggur yang dilaksanakan di sisi barat kantor walikota dilaksanakan oleh Walikota Hadi Zainal Abidin, Wakil Walikota Mochammad Soufis Subri, Kapolres Ambariyadi Wijaya, Panglima Imam Wibowo, Sekretaris Daerah drg Ninik Ira Wibawati, perwakilan Forkopimda, ketua umum unit kerja, dan beberapa perusahaan lokal.

1.000 bibit anggur Prabu Bestari akan ditanam di beberapa lokasi. Acara ini digelar untuk menjawab apa yang telah disampaikan oleh walikota tentang menanam anggur sebagai ikon kota di setiap unit kerja termasuk kantor kelurahan dan kelurahan.

Panitia, M. Hisbullah mengatakan, acara ini diselenggarakan untuk mendukung program Pemprov DKI yang telah ditetapkan oleh Walikota-Wakil Walikota dalam visi dan misi.

“Walikota ingin mengembalikan anggur sebagai ikon kota, dan alhamdulillah acara ini bisa kami selenggarakan dengan melibatkan Satker, Polri, dan TNI. Harapannya, program ini bisa berkelanjutan dan terintegrasi sebagai potensi baru destinasi wisata kota, ”ujar M. Hisabullah.

Sementara itu, Wali Kota Habib Hadi mengatakan, Hari Pers Nasional merupakan momentum kebersamaan pers dan pemerintah untuk membawa kota menjadi lebih baik.

“Saya mengapresiasi inisiatif pers untuk menyukseskan pembangunan, yaitu menanam anggur sebagai ikon kota. Semoga acara ini bisa menjadi rujukan bagi masyarakat lain dan menyadarkan mereka akan pentingnya menanam anggur sebagai ikon kota. Gerakan ini harus dilibatkan untuk menjaga ikon kota, ”kata Habib Hadi.

Ia juga meminta pers mendidik masyarakat dengan membuat berita faktual. Hubungan pers dan pemerintah juga diharapkan semakin baik.

“Jika Anda membutuhkan klarifikasi, lakukanlah. Tanyakan kepada orang yang bertanggung jawab untuk itu. Saya yakin pers memiliki komitmen untuk mempublikasikan berita faktual. Apa yang dilakukan pemerintah harus dipublikasikan kepada masyarakat, dan itu menjadi tanggung jawab pers. Ini namanya sinergi pers dan pemerintah dalam bekerjasama membangun kota, ”ujarnya.

Habib Hadi menyadari, tanpa pers, pengembangan destinasi wisata dan potensi wisata lainnya tidak akan terwujud. “Saran Anda kami butuhkan, karena kami sebagai manusia memiliki keterbatasan. Tidak ada manusia yang sempurna, dan kita harus menghormati batasan tersebut, ”pungkas walikota. (alfien_tr)

BAGIKAN