TEMUI PEMBATIK KOTA PROBOLINGGO, BEGINI PESAN KETUA DEKRANASDA

2019-2020

KANIGARAN - Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kota Probolinggo menggelar Fasilitasi Pengembangan Kerjasama Promosi dan Pemasaran Produk Usaha Mikro dengan mengundang Ketua Dekranasda Aminah Hadi Zainal Abidin dan 24 pembatik yang ada di Kota Probolinggo.

IMG 20200311 WA0022Selain silaturahmi, pertemuan dengan 24 pembatik itu membahas tentang rencana pembuatan batik seragam untuk ASN Pemerintah Kota Probolinggo. Pembuatan seragam diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan kreatifitas UMKM khususnya batik.

Diketahui, terdapat Kelompok IKM Batik Probolinggo (KIPRO) Kota yang terdiri dari 18 anggota pembatik. Merekalah yang selama ini mengerjakan pesanan batik seragam pemerintah setempat. Namun, belakangan semakin banyak pengrajin bermunculan dan enggan bergabung dalam KIPRO Kota.

“Pembuatan seragam batik ini belakangan tidak mudah karena bantuan ribuan sehingga perlu kerja yang solid dan profesional. Untuk itu koordinasi KIPRO dan pengurus Dekranasda untuk memenuhi batik ASN harus berjalan dengan baik dan lancar, ”terang Kepala DKUPP Gatot Wahyudi.

IMG 20200311 WA0023Dalam silaturahmi di ruang pertemuan DKUPP di Jalan Mastrip itu, Ketua Dekranasda Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin, batik menjadi kebanggaan bagi semua orang. “Saya ingin peran pembatik ikut memajukan Dekranasda di Kota Probolinggo dengan komunikasi dan silaturahmi yang baik,” harap istri wali kota Probolinggo ini.

Tentang organisasi KIPRO Kota, Aminah meminta semua pembatik bisa bergabung untuk memudahkan komunikasi dan koordinasi kerjasama pembatik dan Dekranasda. KIPRO Kota harus kompak dalam pengadaan batik, pembagian pekerjaan secara adil dan merata sesuai standar mutu dan kekuatan produksi.

Kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan membawa nama baik Dekranasda Kota Probolinggo. Saya masih baru di Dekranasda, masih baru belajar, maka dari itu tanpa kerjasama anda semua saya tidak bisa apa-apa. Saya sangat senang dan bangga bisa bersilaturahmi dengan para pembatik, semoga ini menjadi penyemangat dan awal yang indah serta bermanfaat. Semua kompak, kita bisa lebih hebat, ”imbuh Aminah.

IMG 20200311 WA0021Sementara itu, Ketua KIPRO Kota Nico Sawidji menuturkan, pihaknya dan seluruh pembatik kota siap untuk bekerja sama dan menjaga kekompakan. “Insyaallah kami siap dan kompak demi memajukan nama Kota Probolinggo,” kata pemilik Poerwa Batik ini.

Saat ini Dekranasda memang belum punya kantor setelah kantor di kompleks Bappeda Litbang Jalan Soekarno Hatta sudah berubah fungsi menjadi ULT-Penangggulangan Kemiskinan. Rencananya, di tahun 2020 akan dibangun gedung kantor dua lantai di sekitar Alun-alun Kota Probolinggo.  (famydecta)

BAGIKAN