TPID KOTA PROBOLINGGO SUSUN ROADMAP PENGENDALIAN INFLASI 2019-2021

2019-2020

Malang, 10/7/2019 - Sebagai upaya untuk menekan angka inflasi, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Probolinggo tahun ini sedang menyusun sebuah roadmap yang berisi upaya-upaya dan rencana kerja pengendalian inflasi untuk periode 2019-2021. Hal ini terungkap pada rapat koordinasi TPID yang dipimpin Sekretaris Daerah Kota Probolinggo, Bambang Agus Suwignyo, Rabu (10/7) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Bambang Agus mengungkapkan, roadmap pengendalian inflasi yang disusun ini, mengacu pada roadmap pengendalian inflasi nasional yang fokus pada pokok arahan Bapak Presiden Joko Widodo pada Rakornas Pengendalian Inflasi 2018. Dimana, pokok arahan Presiden disini disingkat dalam 4K.

4K tersebut adalah 'Keterjangkauan Harga' dengan mendorong efektivitas pemanfaatan APBD melalui percepatan realisasi dan melakukan intervensi dalam rangka stabilisasi harga.

'Ketersediaan Pasokan' dengan memperhatikan sisi pasokan pangan, distribusi, ketersediaan infrastruktur dan hal-hal yang bersifat struktural, seperti penurunan biaya operasional.

'Kelancaran Distribusi', dengan mendorong perdagangan antar daerah dalam rangka menjaga pasokan komoditas pangan di daerah dan membangun serta mensinkronkan pasar-pasar pengumpul untuk memperluas akses pasar petani dan mengefisienkan rantai distribusi. Serta 'Komunikasi Efektif' dengan memantau pergerakan harga, termasuk melalui pemanfaatan teknologi informasi.

“Nah jika program tersebut terlaksana dengan optimal, maka diharapkan 2019-2021 mencapai indeks harga konsumen dalam rentang sasaran nasional. Yakni tetap berada dalam kisaran sasaran 3,5 lebih kurang satu persen,” ujarnya.

Selain itu, Mantan Direktur RSUD dr. Moch Saleh itu juga menuturkan, penguatan kerjasama antar OPD merupakan salah satu alternatif dalam menjamin kesinambungan dalam penyusunan program.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang, Azka Subhan, berharap bahwa roadmap ini dapat menjawab permasalahan pokok pengendalian inflasi dan menjadi rujukan bagi TPID dan Pemerintah Kota Probolinggo dalam penyusunan rencana kerja di tahun mendatang sehingga inflasi akan selalu rendah dan stabil. (Sonea)

BAGIKAN