WAKIL WALI KOTA PROBOLINGGO MOTIVASI PASIEN GAGAL GINJAL

2019-2020

Probolinggo, 14/3/2019 - Pasien gagal ginjal RSUD Dr. Moh. Saleh Kota Probolinggo berkumpul di halaman depan, Kamis (14/3) untuk membentuk komunitas dialisis. Mereka juga memperoleh pengetahuan serta pemahaman agar tetap produktif dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini dilakukan RSUD Dr. Moh Saleh sebagai bentuk implementasi peringatan hari kesehatan ginjal se dunia. Dengan tema Kidney  Health  Everyone  Everywhere yaitu kesehatan ginjal untuk semua orang dimana saja.

Wakil Wali Kota Probolinggo HMS.Subri yang hadir dalam acara itu mengapresiasi terbentuknya komunitas dialisis tersebut. "Dengan adanya komunitas ini, pasien gagal ginjal merasa tidak sendiri dan termotivasi untuk tetap sehat, berbagi informasi dan bisa beraktivitas," imbuhnya.

HMS. Subri didampingi Plt. Direktur RSUD Dr. Moh. Saleh, drg. Rubiyati, Kepala Dinkes Ninik Wibawati serta kepala instalasi hemodialisa dr. Rizki Habibie juga mengunjungi dan memotivasi pasien gagal ginjal yang berada di ruang hemodialisa untuk cuci darah. 

"Ruangan ini akan diperluas dan harus nyaman, sehingga pasien yang cuci darah selama 4 jam tidak terasa. Tahun ini rencananya juga akan ditambah alat hemodialisa. Semoga bisa lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," pintanya.

Pada kesempatan itu juga ada talk show dengan tema, pentingnya kesehatan ginjal untuk semua orang. Pemateri pada talkshow tersebut yaitu dokter spesialis penyakit dalam, Rizky Habibie Sp.PD. Termasuk ada lomba cipta karya menu diet untuk pasien gagal ginjal.

Ada testimoni yang disampaikan oleh ketua komunitas hemodialisis, Nunik Indrayati. Ia menderita gagal ginjal kronis selama 10 tahun dan masih produktif. (Yul)

BAGIKAN