Aminah Hadi Sambang Posyandu, Wujudkan Anak Sehat dan Berkualitas

2021

PROBOLINGGO - Gerimis yang menyelimuti sebagian besar wilayah Kota Probolinggo pagi itu (5/11), tidak menyurutkan langkah Ketua TP PKK Aminah Hadi Zainal Abidin beserta rombongan mendatangi Posyandu Dahlia RW 6 Kelurahan Jrebeng Lor Kecamatan Kedopok.

Ya, sebanyak 45 balita, 3 orang ibu hamil dan 11 orang ibu menyusui berdasarkan pendataan kelurahan setempat, mengikuti posyandu yang rutin dilaksanakan setiap tanggal 6 tiap bulannya.

Tampak meja telah disiapkan kader posyandu. Meja pendaftaran, pencatatan, penimbangan, penyuluhan hingga pelayanan. Dibantu oleh dokter Puskesmas Kedopok, para kader pun dengan semangat ikut melayani peserta posyandu.

Aksi istri orang nomor satu di Kota Probolinggo tidak cukup hanya di Kelurahan Jrebeng Lor. Ibu empat orang anak itu, bergeser ke Posyandu Lily 1 A Kelurahan Pilang Kecamatan Kademangan. Disana hujan mulai sedikit deras. Di Kelurahan Pilang terdapat 57 balita, 8 bayi dan 1 orang ibu hamil turut menyemarakkan agenda posyandu kali ini.

"Posyandu merupakan kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat. Yang dibantu oleh tenaga kesehatan dari puskesmas. Posyandu merupakan salah satu bentuk UKBM (Upaya Kesehatan yang Bersumberdaya Masyarakat," tutur Aminah Hadi dalam sambutannya.

Ia mengucapkan terima kasih pada kelurahan dan dukungan pihak RW juga para kader. Ia pun juga mengimbau pada ibu-ibu yang memiliki balita untuk datang secara rutin ke posyandu. "Agar putra putri kita menjadi anak yang sehat dan berkualitas," ucapnya.

Aminah Hadi juga berharap pada kader posyandu agar lebih aktif lagi untuk menyelenggarakan posyandu, mengadakan kunjungan rumah dan membuat inovasi-inovasi yang menarik untuk posyandu. Tak lupa, Aminah Hadi juga mengingatkan kepada para kader posyandu untuk selalu tertib administrasi.

Bukan tanpa sebab, kunjungan Aminah Hadi ini diprakarsai dengan tujuan 10 program pokok PKK. Yaitu, program kesehatan dengan 5 giat utamanya. Yakni, kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana, imunisasi, gizi juga pencegahan dan penanggulangan diare.

Sebagai wujud pencegahan COVID 19, Posyandu Lily Kelurahan Pilang juga membagikan 60 buah masker pada peserta posyandu. Di Posyandu tersebut, Aminah Hadi juga ikut meninjau secara langsung dan berinteraksi dengan salah satu balita perempuan, dengan menimbang, mencatat dan menggendongnya hingga ia pun berhasil menyelesaikan misi posyandu. (dewi)

BAGIKAN