MAYANGAN - Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kota Probolinggo terus berusaha menggeliatkan UMKM di lingkungan Kota Probolinggo. Setelah sebelumnya menggelar acara Bela Beli UMKM, pelatihan desain dan kemasan, kali ini pelatihan Social Media Management, Kamis (11/11).
Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, mengatakan bahwa manajemen sosial media sangat penting untuk memperlebar target pasar. "Persaingan sekarang semakin sulit, bahkan perusahaan besar sudah mengincar target produk usaha menengah jadi kita harus pintar dalam memasarkan produk agar tetap bertahan," jelas wali kota.
Habib Hadi menambahkan bahwa sosial media adalah salah satu jalan untuk memperkenalkan produk yang dijual. "Pasti yang ada disini semua punya sosial media. Jangan kerjanya cuman tik-tok, nari-nari. Harus ada usaha agar kegiatan ber-sosial media itu membuat hasil dengan memanfaatkannya sebaik mungkin,” jelasnya disambut tawa peserta.
Yang menjadi dasar pelaksanaan acara ini yaitu peraturan pemerintah RI nomor 7 tahun 2021 tentang kemudahan, perlindungan, dan pemberdayaan koperasi dan UMKM melalui antara lain penumbuhan iklim usaha, pengembangan usaha, pembiayaan, dan penjaminan serta kemitraan. Pemerintah Kota Probolinggo melalui DKUPP pun terus berusaha membangkitkan UMKM.
“Acara ini digelar untuk meningkatkan wawasan pelaku usaha dalam penggunaan medsos sebagai upaya pengembangan pemasaran UMKM dan untuk memotivasi masyarakat, menggerakkan pertumbuhan ekonomi di daerah melalui pemberdayaan usaha kecil," ungkap Kepala DKUPP Fitriawati.
Sebanyak 50 orang peserta yang diambil dari 5 kecamatan di Kota Probolinggo mengikuti acara ini. "Kami mendapatkan data UMKM dari data di kecamatan, tapi kami seleksi lagi, mana UMKM yang belum pernah mengikuti kegiatan seperti ini. Jadi biar merata, semua UMKM mendapatkan kesempatan untuk berkembang," jelas Kasi Kerjasama Promosi dan Pemasaran DKUPP Rani Yusticia.
Acara yang digelar di Hotel Bromo Park tersebut, dibimbing langsung Ahmad Fahrizal, ex- sosial media spesialist di Tokopedia. Materinya membahas tentang mengenal pentingnya social media management, branding: brand posiotioning dan product positioning, digital marketing trifecta: owned media, earned media, dan paid media, cara menentukan tone of voice dari suatu brand yang ada di social media, dan praktik dari keempat poin di atas ke dalam sebuah konten baik itu berupa desain/foto. (masita)