Belanja Oleh-oleh Khas Kota Probolinggo, Yuk Ke Gerai Dekranasda

2021

MAYANGAN - Sebagai salah satu wadah promosi bagi UMKM untuk memasarkan produk kerajinan dan makanan minuman khas Kota Probolinggo, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) setempat meresmikan pembukaan gerai Pusat Oleh-Oleh UKM / IKM yang terletak di Jalan A Yani nomor 103, Senin (5/4).

Kabid Pemberdayaan Usaha Mikro DKUPP (Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian) Muh Sulhan menyampaikan bahwa pembukaan gerai Dekranasda ini merupakan kelanjutan dari agenda pelantikan pengurus Dekranasda Kota Probolinggo pada tanggal 24 Februari lalu oleh Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin. “Karena pada bulan Februari kepengurusan Dekranasda sudah dilantik,” terang Sulhan yang meresmikan gerai itu.  

Produk yang dijual di gerai binaan Ketua Dekranasda Kota Probolinggo Aminah Zainal Abidin ini, kurang lebih 109 UMKM di bidang produksi kerajinan maupun makanan dan minuman. Adapun masing masing UMKM memiliki 3 hingga 5 produk unggulan.

Menurut Kasi Kerjasama Promosi dan Pemasaran UMKM DKUPP Rani Yusticia, dengan dibukanya gerai Dekranasda ini diharapkan bisa membuka peluang kerjasama dengan instansi pemerintah maupun swasta dalam menyediakan oleh-oleh khas Kota Probolinggo. “Harapannya produk-produk ini bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat, perangkat daerah, BUMN, BUMD kami arahkan bisa pesan oleh oleh di sini (gerai Dekranasda,” harapnya.

Untuk saat ini, gerai Dekranasda masih dikelola oleh DKUPP dengan hari dan jam operasional yakni Senin sampai Jumat jam 07.30 hingga 16.00. Namun kedepan menurut Rani, operasional harian gerai akan diserahkan mandiri ke UMKM melalui wadah paguyuban.

Rencananya, selain gerai Dekranasda di Ahmad Yani, akan dibuka dua gerai tambahan di Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL) dan di Alun-alun.

Drajad, pemilik UMKM Dasugi Food berharap dengan dibukanya Gerai Dekranasda ini bisa membantu meningkatkan promosi dan daya saing produk oleh-oleh Kota Probolinggo.

“Harapan saya supaya membantu teman-teman meningkatkan daya saing produk, harga produk (sehingga) tidak kalah dengan kota-kota lainnya,“ ungkap salah satu koordinator UMKM di Kota Probolinggo ini.

Bagi UMKM yang ingin menitipkan produknya untuk dijual di Gerai Dekranasda Kota Probolinggo bisa menghubungi DKUPP melalui bidang Pemberdayaan Usaha Mikro. (dewa)

BAGIKAN