Buka Pra Liga Sepak Bola Pelajar, Wali Kota Minta Jaga Prokes

2021

MAYANGAN - Kick off pertandingan Pra Liga Sepakbola Pelajar SMP Wali Kota Cup tahun 2021 dimulai hari ini, Kamis (28/10) sore di Stadion Bayuangga Kota Probolinggo. Sebanyak 19 tim sepak bola SMP se-Kota Probolinggo berebut untuk masuk ke dalam 12 besar putaran final liga pelajar yang akan digelar tahun depan.

Mengingat masih pandemi Covid 19, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin menekankan kepada panitia penyelenggara untuk lebih ketat dalam penerapan protokol kesehatan. Selain meniadakan penonton umum, test usap antigen juga dilakukan bagi seluruh peserta pertandingan.

"Alhamdulillah semua peserta  dari masing-masing sekolah kita swab, hasilnya negatif semua, karena kita ingin memastikan kegiatan pelajar tatap muka ini betul-betul aman dan tidak menimbulkan cluster," terang orang nomor satu di Kota Probolinggo itu.

Pertandingan sepak bola yang digelar dalam rangka Hari Sumpah Pemuda dan Hari Santri ini diharapkan mampu mengimbangi aktivitas pelajar yang selama ini belajar secara daring. "Dengan adanya lomba-lomba ini mereka bisa melakukan aktivitas yang positif karena selama ini online, dengan adanya ini mudah mudahan bisa ada arah yang lebih baik," harap Habib Hadi.

Harapan yang sama juga dilontarkan oleh Kepala Dispopar Budi Krisyanto. Menurutnya, melalui kegiatan pra liga piala wali kota ini, diharapkan antar pelajar bisa saling menjaga solidaritas dan membangun kebersamaan. "Harapannya bisa terfasilitasi aktivitas adik-adik pelajar ini bisa saling menjaga kebersamaan, kesatuan, saling mengenal dan sebagainya," terang Budi Kris sapaannya.

Melihat dari regulasi, agenda pra liga sepak bola antar pelajar ini sudah sesuai dengan arahan presiden yang tertuang dalam Inpres Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Koni Kota Probolinggo Rahadian Juniardi di sela-sela menyaksikan pertandingan sepak bola pelajar di Stadion Bayuangga.

"Sesuai sosialisasi Inpres nomor 3, waktu itu saya yang datang tentang persepakbolaan nasional itu memang mengamanahkan untuk adanya liga pelajar, nah ini Kota Probolinggo juga harus ikutin," ungkapnya.

Sementara itu, salah satu peserta pra liga sepak bola pelajar, Muhammad menceritakan telah mempersiapkan pertandingan ini dengan rutin latihan fisik dan menjaga asupan makanan. "Persiapannya latihan fisik saja sama makan dijaga, latihannya itu dua hari sekali," beber pelajar yang mengidolakan Lionel Messi ini.

Pertandingan pra liga pelajar ini direncanakan digelar selama 7 hari di Stadion Bayuangga dan Lapangan Sepak Bola SMAN 4. Adapun ke 19 peserta yang bertanding antara lain, SMPN 10, SMPN 7, MTs R. Muta'alimin, SMPN 6, MTs Nusantara, MTs Sunan Giri, SMPN 2, SMPN 3, SMPN 8, MTs Unggulan, SMPN 9, IT Permata, SMPN 1, SMPN 5, MTs Negeri, MTs Alsutoniah, SMP Sunan Giri, SMPN 4 dan Taman Dewasa. Tampak hadir menyaksikan laga pertandingan sore itu, ada perwakilan Forkopimda setempat. (dewanta)

BAGIKAN