Doa Bersama dan Unjuk Kreatifitas, Cara Santri Ponpes Roudlatul Malikiyah Peringati Kemerdekaan RI

2021

KADEMANGAN - Di masa pandemi ini Ponpes Putri Roudlatul Malikiyah Ketapang merayakan HUT ke 76 Kemerdekaan RI dengan didahului doa bersama, Senin(16/8) malam. Doa bersama yang diikuti oleh ribuan santri putri dipimpin langsung oleh pengasuh Ponpes Aminah Hadi Zainal Abidin yang sekaligus Ketua TP PKK Kota Probolinggo.

Hadir pula Sekda Kota Ninik Ira Wibawati,  Asisten Ekonomi Pembangunan Setiorini Sayekti, serta anggota TP PKK kota. Usai doa bersama, Sekda Ninik memberikan edukasi dan wawasan kebangsaan kepada para santri.

"Kita bisa mengisi kemerdekaan dengan cara apa? Belajar, berprestasi dan berkarya sesuai dengan kompetensinya. Kita hargai jasa para pahlawan dengan cara melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi negara ini. Terus dipupuk rasa nasionalisme," tuturnya.

Ia juga memotivasi para santri agar memiliki daya saing dan meningkatkan kreativitasnya. Selanjutnya Sekda Ninik diajak berkeliling oleh istri Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin untuk menyaksikan kreasi para santri dalam menyemarakkan peringatan kemerdekaan RI.

Dari lantai satu sudah terlihat gemerlap lampu hias dengan nuansa merah putih di sepanjang kelas para santri itu belajar. Mereka berdandan seperti sosok pahlawan yang berjuang melawan penjajah. Diantaranya ada Bung Tomo, Jenderal Sudirman, serta para pemimpin bangsa dari Presiden RI pertama hingga sosok  Presiden Jokowi.

Ada pameran sketsa para pejuang, puisi perjuangan, termasuk tokoh Islam yang berperan memperjuangkan kemerdekaan. Yang menarik pula ada atraksi para pahlawan revolusioner yang gugur dalam pemberontakan G30S PKI.

"Luar biasa atraksi dan kreativitas santri putri ini. Saya tidak menyangka, mereka totalitas dalam berkreasi. Inilah cara mereka ikut memeriahkan HUT kemerdekaan RI. Santri bukan hanya mengaji dan belajar tapi mereka juga kreatif," ucap Aminah Hadi.

Hal senada juga diungkapkan oleh Sekda Ninik usai berkeliling hingga ke lantai dua. "Idenya kreatif dalam menampilkan perjuangan para pahlawan dahulu hingga perjuangan para pemimpin saat ini. Semoga para santri ini bisa terus berkarya dalam mengisi kemerdekaan ini,"pungkasnya. (yuli)

BAGIKAN