Gelar Pelatihan Desain dan Kemasan, DKUPP Bangkitkan UMKM

2021

MAYANGAN - Kamis (4/11), Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) menggelar acara Pelatihan Desain dan Kemasan. Bertempat di Rumah Kemasan, Mayangan, pelatihan ini ditujukan untuk pelaku UMKM yang mempunyai produk potensial namun kemasan yang disajikan masih minimal.

Sebanyak 75 pelaku usaha yang terbagi menjadi dua sesi mengikuti acara ini. Peserta didapat dari survey dan yang telah terdaftar di DKUPP. Peserta akan mendapatkan design dan kemasan gratis untuk produknya.

"Kami beri stimulus untuk mereka yang brandingnya masih kurang untuk ditingkatkan kembali dan menjadikan mereka sebagai pelaku usaha yang lebih besar lagi. Karena, branding memang menjadi salah satu daya pikat sebuah produk untuk dilirik konsumen. Selain itu, bisa meningkatkan harga jual sebuah produk," ujar kasi Pengembangan Usaha Mikro DKUPP, Khairul Arifin.

Kepala DKUPP Fitriawati mengungkapkan, pelatihan ini sangat bagus untuk meningkatkan kualitas produk usaha mikro. "Ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk membangkitkan usaha UMKM. Kami juga akan perkenalkan ke luar daerah, tapi tentu saja semua harus sudah baik, selain kemasan, legalitas, no P-IRT dan kualitas produknya. Semua akan dibina. Jadi, saya harap peserta disini juga semangat meningkatkan kualitas produknya,” jelas Fitri dalam sambutannya.

Pelatihan ini  bekerjasama dengan UPT PMPHP (Pengendalian Muti dan Pengelolaan Hasil Perikanan) Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan dan dibimbing langsung oleh UPT tersebut. Sekedar informasi, bahwa UPT PMPHP memiliki 3 layanan yang siap melayani publik, khususnya warga Kota Probolinggo yang memiliki usaha, yaitu pelayanan konsultasi produk, pelayanan pembuatan desain, dan pelayanan pemakaian alat kemasan. Ketiga layanan tersebut tanpa biaya dan siap melayani pada hari kerja. (masita)

BAGIKAN