Gunakan Ambulans Siaga, Habib Hadi Evakuasi Warganya ke RSUD

2021

KANIGARAN – Selasa (30/3) siang, di tengah aktivitas padatnya tiba-tiba Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin berangkat ke Jalan Cokroaminoto, Gang Meranggi, Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran. Perangkat Daerah (PD) terkait langsung dihubungi, seperti Dinas Kesehatan, RSUD dan Dinsos.

Habib Hadi menuju rumah Misnati, 50 tahun. Setibanya di rumah ibu tiga orang anak itu, ambulans siaga sudah siap. Plt Direktur RSUD dr Abraar HS Kuddah, Camat Kanigaran Agus Riyanto, Lurah Kebonsari Kulon Ikrom, tim dokter puskesmas Kanigaran dan Tagana Dinsos juga sudah di lokasi.

Saat dikunjungi, Misnati berbaring di rumahnya yang sederhana. Ia ditemani suami, Agus Sugiarto dan salah satu dari tiga anaknya. “Yang sabar ya, nanti dirawat. Insyaallah sehat. Sebentar lagi dibawa pakai ambulans, dirujuk ke rumah sakit umum,” kata Habib Hadi kepada Misnati dan Agus.

Misnati menderita penyakit sejak tahun 2016 dan pernah menjalani operasi. “Ya tahun 2016 pernah operasi dan sekarang perlu ada penanganan yang bagus. Sempat diminta kemo tapi tidak mau sampai sekarang. Bu Misnati dibawa ke rumah sakit umum untuk dicek, diobservasi dan setelah dicek mudah-mudahan kembali pulih. Minta doanya apa yang dilakukan adalah yang terbaik,” ujar Habib Hadi.

Waktu itu ukuran tumor usus di tubuh Misnati tidak terlalu besar. Setelah operasi Misnati disarankan melakukan kemoterapi namun menolak. Sampai lima tahun kemudian, di 2021 ini Misnati masih bertahan dengan penyakit tumor usus yang diderita. Tubuhnya kurus kering.  

Tanpa pikir panjang, Habib Hadi segera meminta petugas membawa Misnati ke dalam ambulans dan dilarikan ke RSUD dr Mohamad Saleh. Dinsos pun menyerahkan bantuan kepada suami Misnati.

“Tujuan kami membawa ke rumah sakit untuk memperbaiki keadaan umum kemudian menentukan langkah apa yang harus kami lakukan,” ujar dokter spesialis bedah itu. Ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi, lanjut dr Abraar, jika memungkinkan akan diangkat melalui operasi atau melakukan kemoterapi.

Kepada masyarakat yang ditemui di sekitar rumah Misnati, wali kota mengatakan agar segera memberi informasi kepada pemerintah jika ada warga yang membutuhkan bantuan apalagi berkaitan dengan kesehatan. Ia pun meminta warga mendoakan kesembuhan Misnati.

“Pemkot sudah punya UHC (pelayanan kesehatan gratis), ada ambulans. Tolong telpon segera ke 112 agar masyarakat yang membutuhkan bisa memanfaatkan itu,” pinta Habib Hadi. (famydecta)

BAGIKAN