Habib Hadi: Dulu Warga Takut Divaksin, Sekarang Sudah Tidak Lagi

2021

PROBOLINGGO – Selain vaksinasi yang rutin digelar di sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) milik Pemerintah Kota Probolinggo dan instansi vertikal lainnya, Jumat (23/7), pemkot setempat mendapat droping vaksin sekitar 1650 dosis dari Kodim 0820 Probolinggo. Vaksin tahap pertama untuk ribuan masyarakat itu dilaksanakan hanya satu hari.

Untuk memantau berlangsungnya vaksinasi tersebut, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin meninjau empat lokasi vaksin dari sembilan lokasi yang ada. Didampingi Plt Kepala Dinkes P2KB Setiorini Sayekti, Habib Hadi menuju Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Probolinggo. kemudian ke Klinik Bhayangkara Polres Probolinggo Kota di Jalan Dr Saleh, UPT Puskesmas Jati dan berakhir di Kodim 0820.

Saat berada di Klinik Bhayangkara, Wali Kota Habib Hadi ditemui oleh Wakapolres Probolinggo Kota Kompol Muhamad Khoiril. Pada kesempatan itu, wali kota menyampaikan terima kasihnya karena selama ini klinik milik Polri tersebut ikut membantu percepatan vaksinasi bagi masyarakat.

Ditemui saat menunggu antrian vaksin, Nisra 58 tahun, warga Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Mayangan mengungkapkan dirinya melakukan vaksin ini untuk memenuhi keperluan yang harus dicukupi.

Di sela peninjauan di Puskesmas Jati, Habib Hadi mengutarakan pada 3 orang pemuda yang diketahui juga ikut mengantri. "Jangan menyebar berita-berita bohong atau hoaks. Beri contoh pada masyarakat bahwa vaksin itu penting, aman, halal dan sehat," ucapnya mendapat anggukan tiga orang pemuda itu.

Ia juga mendapati beberapa masyarakat yang mengaku baru ikut vaksin sekarang karena sebelumnya merasa takut. Sebab, informasi yang mereka terima bahwa vaksin itu menyebabkan hal buruk dan bisa kesakitan. “Dulu saya takut Pak, sekarang tidak, saya mau divaksin,” ujar seorang warga yang mengantre di Puskesmas Jati.

Menurut Habib Hadi, tidak ditemukan adanya kendala vaksinasi di lapangan. Semuanya berjalan dengan baik dan lancar, banyak warga yang sadar akan pentingnya vaksin. "Dulu banyak warga takut divaksin, sekarang tidak lagi. Ya, kita berikhtiar bersama-sama, semoga pandemi Covid 19 segera berlalu. Sehingga kita dapat beraktivitas normal seperti sedia kala dan perekonomian di Kota Probolinggo dapat pulih kembali," harapnya. Diketahui, saat ini vaksinasi di Kota Probolinggo mencapai 41 persen. (dewi)

BAGIKAN