Ketika Masyarakat Relawan Humanis Probolinggo Kembali Beraksi

2021

MAYANGAN - Plt Direktur RSUD dr Moch. Saleh Kota Probolinggo Dr Abraar HS Kuddah menerima bantuan dari Masyarakat Relawan Humanis Probolinggo, berupa 4 buah peti jenazah dan 15 paket sembako, Senin (9/8) siang, di teras rumah sakit yang berlokasi di kawasan Jalan Panjaitan.

dr Abraar mengaku bangga dan mengapresiasi langkah yang dilakukan para pemuda, yang tergabung dalam komunitas kemanusiaan dibawah binaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Probolinggo itu. “Saya apresiasi langkah mereka, karena ternyata sampai di jajaran generasi muda pun, kita saling bergandengan tangan untuk mengakhiri pandemi Covid-19,” katanya.

Ia menyebut, saat sebagian pemuda lainnya merasa acuh, di masa pandemi seperti sekarang ini, sebagian pemuda lainnya justru memiliki inisiatif dan keinginan bergandengan tangan membantu pemerintah untuk menyelesaikan pandemi.

“Kalau selama ini ada pemikiran-pemikiran miring terhadap para generasi muda kita, ternyata tidak semuanya (demikian). Para pemuda relawan ini salah satunya,” ucapnya. Ia menilai, bantuan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap situasi dan kondisi masyarakat di sekitar.

Pada kesempatan itu, Koordinator Posko Perwakilan Masyarakat Relawan Humanis Probolinggo Muhammad Ansori menuturkan, kedatangannya dalam rangka menyumbangkan peti jenazah dan sembako untuk para tenaga pemulasaran jenazah di kamar mayat.

“Kami awalnya ngobrolin, bagaimana kalau dari masyarakat bisa membantu penanganan Covid 19. Hari ini kami serahkan secara simbolis peti jenazah dan paket manfaat untuk teman-teman di pemulasaran jenazah. Ini bagian dari kegiatan kami yang bernama Posko Bersama Humanis,” ujarnya.

Ansori mengatakan, ia dan rekan-rekannya di komunitas itu, sejauh ini juga telah memberikan paket manfaat dan pendampingan, khususnya komunikasi secara medis bersama dokter Satgas Covid-19, kepada warga yang sedang melaksanakan isolasi mandiri (isoman).

“Mulai dari hari pertama sampai hari ke 14 (isoman), kami dampingi dan dalam hal ini kami mendapat arahan dari BPBD Kota Probolinggo, dan dukungan dari berbagai stakeholder. Termasuk salah satunya RSUD (dr Moch. Saleh) Kota Probolinggo,” terangnya.

Ditanya perihal dari mana dana sumbangan yang dikirim untuk giat kemanusiaan ini? Ansori menjelaskan bahwa semua kegiatan bakti sosial yang dilakukan bersama timnya, didukung oleh keberadaan para donatur, masyarakat relawan itu sendiri serta semua pihak yang mau membangun penanganan covid-19 di Kota Probolinggo.

“(kegiatan positif) Kami didukung oleh donatur masyarakat relawan dan semua pihak yang gak bisa kami sebut satu per satu. Kalau ada yang berminat menyumbang, monggo kami menerima segala macam jenis bantuan. Silakan kirim saja ke Sekretariat Posko Bersama, di kantor BPBD Kota Probolinggo, Jalan Mastrip. Segala bantuan (yang terkumpul), kami sampaikan kepada masyarakat (yang membutuhkan) dan bermanfaat. Insyaallah,” pungkasnya. (Sonea)

BAGIKAN