Lagi, Pemkot Probolinggo Raih Penghargaan Tingkat Nasional

2021

SURABAYA - Tahun 2021 menjadi momen bertabur prestasi bagi Kota Probolinggo. Sejumlah penghargaan berhasil didapat baik di tingkat nasional dan regional. Yang terbaru, Pemerintah Kota Probolinggo mendapat menerima Anugerah Meritokrasi Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN Kepada Instansi Pemerintah Daerah Kategori Baik dengan Nilai  271,5.

Penganugerahan yang diselenggarakan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Grand Ballroom Hotel Westin Surabaya, Selasa (7/12) pagi, dihadiri Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin bersama Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM)  Wahono Arifin. Penghargaan itu diserahkan oleh Ketua KASN Agus Pramusinto dan wakilnya Tasdik Kinanto.

Wali Kota Habib Hadi mengatakan, prestasi ini merupakan bentuk komitmen kerja keras Pemerintah Kota Probolinggo. "Ke depannya pasti akan kami tingkatkan hingga mendapatkan kategori sangat baik. BKPSDM dapat menyempurnakan kekurangan-kekurangan sehingga nilainya bisa lebih dari pada ini,” harapnya.

Menyambut pernyataan wali kota, Kepala BKPSDM mengatakan bahwa penguatan ke depan bukan hanya mendapatkan nilai semata. "Namun juga komitmen untuk memperbaiki sistem perekrutan dan promosi ASN di lingkungan Pemerintah Probolinggo harus transparan sehingga menciptakan ASN yang profesional,” jelasnya optimis.

Diketahui, Kota Probolinggo berhasil meraih kategori baik dengan skor nilai yang didapat ialah 271,5. KASN telah menilai 347 instansi pemerintah, dari jumlah tersebut, sebanyak 106 instansi telah mendapatkan kategori baik dan 46 lainnya mendapatkan kategori sangat baik.

Pada kesempatan itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menyampaikan kebanggaannya karena Jawa Timur menjadi salah satu instansi yang mendapatkan penghargaan sistem merit kategori sangat baik.

"Tentu kami berharap penghargaan ini akan menjadi motivasi dalam transformasi tata kelola pemerintahan yang saat ini telah kita lakukan melalui penyempurnaan terhadap talent pool, rencana suksesi, dan telah memiliki kebijakan pola karier instansi, juga penyederhanaan organisasi," ucap Emil. Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga menyampaikan arahannya dalam acara tersebut melalui daring. (masita)

BAGIKAN