Masih Pandemi, Pemkot Probolinggo Gelar Job Fair Mini Secara Virtual

2021

KANIGARAN - Tercatat 175 peserta pencari kerja ikuti Job Fair Mini Virtual yang dibuka Sekda Kota Probolinggo drg. Ninik Ira Wibawati, Rabu (17/11) di Command Center. Acara yang digagas oleh Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP Naker) itu menggandeng 9 mitra perusahan.

Sembilan mitra tersebut adalah PT KTI, PT Summit Oto Finance, Viyon Collection, Puk Ami Ami, PT Midi Utama Indonesia, PT Midas Mandiri Group, Optik Diamond, Indomaret Group dan PT Indosat.

Kepala DPMPTSP Naker, M Abbas menyampaikan penyelenggaraan Job Fair Mini dengan konsep virtual ini adalah solusi untuk menjembatani kebutuhan informasi pekerjaan antara masyarakat dan perusahaan namun tetap menerapkan protokol kesehatan Covid19.

"Namun karena situasi pandemi ini, kita mencari terobosan baru yaitu bagaimana kita bisa melaksanakan job fair namun tidak ikut membantu penularan Covid19 ini, makanya kami menerapkan job fair mini secara virtual," ungkap Abbas yang menjabat sebagai Kepala DPMPTSP Naker sejak awal November lalu.

Sementara itu, Sekda Ninik Ira Wibawati menyampaikan rasa terima kasihnya atas partisipasi seluruh mitra perusahan. "Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih atas partisipasi perusahaan yang sudah mengikuti kegiatan job fair mini virtual ini," kata Sekda Ninik.

Ia berharap melalui Job Fair ini mampu menurunkan angka pengangguran di Kota Probolinggo. "Memberikan pelayanan di bidang penempatan tenaga kerja secara cepat, tepat dan efisien kepada masyarakat pencari kerja dan pengguna tenaga kerja yang akhirnya akan mengurangi pengangguran di Kota Probolinggo," tambahnya.

Ditemui usai sesi perkenalan dengan ratusan pencari kerja, perwakilan PT KTI Intan Fitria mengungkapkan pentingnya acara job fair ini dalam proses rekrutmen karyawan di PT KTI. "Menurut kita cukup penting untuk Job Fair hari ini karena disini kita bisa mendapatkan para pencari kerja sesuai dengan kualifikasi yang kita minta," terang Intan yang juga menginformasikan membuka lowongan kerja level kru untuk lulusan SMA dan level Management Trainee untuk lulusan sarjana.

Masih di agenda Job Fair Mini Virtual, juga diserahkan bantuan peralatan usaha mandiri untuk sektor informal dari Pemerintah Kota Probolinggo kepada 3 perwakilan pemilik usaha. Setelah sesi perkenalan dengan mitra perusahaan usai para pencari kerja diarahkan untuk membuat formulir lamaran secara online.

Turut hadir di agenda tersebut antara lain Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setiorini Sayekti, kepala perangkat daerah terkait dan camat. (dewanta)

BAGIKAN