Pelayanan Kesehatan yang Optimal, Jadi Agenda Prioritas Wali Kota Habib Hadi

2021

MALANG – Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin menegaskan,  peningkatan pelayanan di bidang kesehatan menjadi kunci dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kota Probolinggo yang lebih berkualitas. Hal tersebut disampaikan wali kota kepada seluruh pejabat struktural dan tenaga kesehatan Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dalam Workshop Penatalaksanaan Kinerja Bidang Kesehatan dalam rangka Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Pelayanan Kesehatan yang Memenuhi Standar, di Malang, Jumat (18/6) malam.

Tiga hal utama yang menjadi pesan Wali Kota Habib Hadi dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan. Yaitu pertama, percepatan pelayanan kesehatan di semua tingkatan baik pada sisi pengawasan, peraturan perundang-udangan maupun pada perubahan pelayanan kesehatan.

Kedua, bangun mentalitas baru yang positif, berintegritas, memiliki etos kerja dan berjiwa gotong royong. Dan yang ketiga, persiapkan diri menuju pelayanan kesehatan yang dinamis, inovatif dan responsif. Pangkas semua kerumitan birokrasi serta pastikan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik dengan kualitas tinggi, cepat dan tepat.

"Masyarakat Kota Probolinggo ingin segera melihat terwujudnya birokrasi yang bersih dan akuntabel, efektif dan efisien khususnya di bidang kesehatan. Yaitu birokrasi yang melayani bukan dilayani, birokrasi yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang berkualitas" tegas Wali Kota Habib Hadi.

Ke depan, lanjut wali kota, banyak permasalahan pelayanan kesehatan yang harus ditangani mengingat tuntutan masyarakat semakin kompleks dan dinamis. Perlu adanya perbaikan dan terobosan baru yang sekiranya mempercepat dan memudahkan masyarakat mendapatkan akses pelayanan kesehatan.

"Persiapkan diri menuju pelayanan yang dinamis, pangkas semua kerumitan birokrasi,  pastikan masyarakat mendapat pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Untuk itu, Habib Hadi mengajak kepada seluruh peserta workshop untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan mempertahankan kualitas tersebut sesuai dengan visi misinya selama ini.

Kualitas dan kuantitas pelayanan kesehatan yang memenuhi standar tersebut haruslah menggambarkan tingkat keberhasilan capaian kinerja dan sasaran yang telah ditetapkan, sebagaimana disampaikan Plt. Kepala Dinas DKP2KB Kota Probolinggo, Setiorini Sayekti.

Bahwa salah satu tujuan kegiatan ini adalah terciptanya optimalisasi kualitas dan kuantitas pelayanan kesehatan yang tepat sasaran sesuai dengan visi dan misi Wali Kota Probolinggo. (Uby)

BAGIKAN