‘’Pesta Barbequ’’ Berlanjut ke Pelatihan Menjahit

2021

KADEMANGAN - Ketua Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo, Aminah Hadi Zainal Abidin kembali mengunjungi kegiatan Pesta Barbequ  (pembentukan plasma melalui kemitraan dengan berbagi dan bershodaqoh ilmu). Kali ini dalam kegiatan pelatihan menjahit, Aminah datang bersama rombongan TP PKK Kota Probolinggo ke Griya Srikandi, UMKM yang khusus memproduksi tas, masker dan dompet dari bahan limbah, yang beralamatkan di Perumahan Kopian Indah.

Dalam giat tersebut, Aminah menjahit langsung tasnya. Desain tas yang dijahitnya merupakan hasil karyanya sendiri, yaitu desain batik mangga yang dibuat pada saat acara shadaqah ilmu sebelumnya.

“jadi acara kemaren kan membuat batik ya, nah hasil batiknya itu dibuat tas hari ini. Alhamdulillah, punya tas bikinan sendiri. Ini kalau dilelang bisa mahal loh.” canda Aminah Hadi.

Aminah yang tampak luwes saat menjahit mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus, apalagi untuk ibu rumah dan adik-adik peserta. Dirinya mengatakan bahwa ilmu ini bisa digunakan sampai nanti dan dapat pula dijadikan usaha rumahan.

“buat adik-adik peserta yang ikut, nanti lulus sekolah bisa ditularkan ke yang lainnya, kalau nanti berumah tangga, bisa membuka lapangan pekerjaan dengan usaha rumahan yang seperti ini.” harap wanita yang dulunya mengambil jurusan Tata Busana di SMK ini.

Acara ini merupakan acara yang digelar oleh DKUPP bekerjasama dengan Pokja 3 Kota Probolinggo. Fitriawati, kepala DKUPP menyampaikan bahwa acara digelar untuk peningkatan keterampilan anak muda dan masyarakat umum yang mempunyai ketertarikan dalam menjahit.

“salah satu tujuannya ialah untuk peningkatan pendapatan keluarga. Perempuan pada masa sekarang harus memiliki keterampilan ya, tidak hanya berpangku tangan saja, harus bisa membatik, menjahit, memasak, dan acara terakhir besok yaitu peningkatan usaha. Ini merupakan suatu keterpaduan, dimana setelah memiliki keterampilan juga diajari bagaimana menjadikan keterampilan tersebut menjadi usaha rumahan,” tutupnya. (Masita)

BAGIKAN