Salat Berjamaah dan Tausiyah di Masjid Pemkot, Ingatkan Keutamaan Bulan Suci Ramadan

2021

KANIGARAN – Selama bulan Ramadan Masjid Al Ikhlas yang berada di lingkungan kantor Pemerintah Kota Probolinggo Jalan Panglima Sudirman Nomor 19 melaksanakan salat Zuhur berjamaah sekaligus diisi tausiyah. Seperti yang nampak Rabu, (14/4), salat dan tausiyah dipimpin KH Abdul Azis RM.

Pengasuh Ponpes Assanusiyah Kareng Lor, Kecamatan Kedopok itu menuturkan keutamaan bulan suci Ramadan. “Sebenarnya di dalam bulan suci Ramadan terdapat banyak pahala yang didiskon besar-besaran. (Siapa yang melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadan ini akan dilipatgandakan pahalanya),” tuturnya.

Menurut pria berusia 52 tahun itu, betapa beruntungnya kita dipertemukan pada bulan Ramadan setiap tahunnya. Oleh sebab itu, umat Islam wajib bersyukur pada Allah SWT diibaratkan pahala yang dilipatgandakan di bulan Ramadan adalah sebanyak 70 kali.

“Itu salat, belum lagi ibadah-ibadah sunnah lainnya (yang dalam bulan Ramadan, ibadah sunnah mendapatkan pahala seperti ibadah wajib). Sangat luar biasa sekali. Dan Allah pun berfirman kepada para malaikat, jadikanlah salat kamu, jadikanlah dzikir kamu, khusus di bulan suci Ramadan ini (pahalanya) akan diberikan kepada umat Nabi Muhammad SAW. Allahu Akbar!,” serunya.

Tak hanya itu, ia pun menambahkan surga merindukan kepada empat golongan, diantaranya adalah pertama, orang yang gemar membaca Al-Qur’an. Kedua, orang yang menjaga lisan. Ketiga, orang yang memberikan makan kepada orang yang lapar dan keempat adalah orang-orang yang menjalankan puasa di bulan Ramadan.

KH Abdul Azis menyatakan, ibadah salat berjamaah di tengah pandemi dalam bulan Ramadan adalah hal yang normal dengan mengedepankan protokol kesehatan. “Mudah-mudahan yang diutamakan itu adalah menerapkan prokes 5 M, dan yang lebih diutamakan lagi mengingat kepada Allah, ikhtiar. Karena semua penyakit datangnya dari Allah dan kesembuhan pun dari Allah. Semoga pandemi ini segera berlalu,” pungkasnya. (dewi)

BAGIKAN