Tim Penggerak PKK Tingkatkan Kapasitas Kader BKB Di Taman Posyandu

2021

MAYANGAN - Sebagai upaya meningkatkan kapasitas kader Bina Keluarga Balita (BKB), Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo menggelar kegiatan peningkatan kapasitas bagi kader BKB Taman Posyandu se-Kota Probolinggo, bertempat di Puri Manggala Bakti, Rabu (30/6).

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan kader BKB di Taman Posyandu dalam tata kelola kelompok BKB. Selain itu juga sebagai sarana evaluasi terhadap perkembangan dan keberadaan BKB serta memperluas pengetahuan dan kemampuan kader dalam memberikan penyuluhan,” ujar Ketua Pokja II TP PKK, Wila Purwandari dalam laporannya.

Kegiatan peningkatan kapasitas ini menghadirkan narasumber dari BKKBN perwakilan Provinsi Jatim, Suhartutik dan dibuka oleh Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo, Aminah Hadi.

Dihadapan puluhan kader BKB yang mengikuti kegiatan ini, wali kota menyampaikan, masyarakat seringkali mengabaikan dan memandang kegiatan PKK hanya sebagai kegiatan sampingan para ibu-ibu untuk mengisi waktu luang. Namun sebenarnya fungsi dan peran PKK sebagai organisasi mitra pemerintah memiliki jangkauan yang sangat luas dan langsung menyentuh masyarakat dari segala lapisan. Dengan semangat pengabdian, PKK telah banyak mengajarkan semangat untuk mampu menjadi bagian dari setiap perubahan yang ada di masyarakat Kota Probolinggo.

Lebih lanjut menurut Habib Hadi, Kelompok BKB merupakan salah satu bentuk kelompok kegiatan yang menjadi program unggulan BKKBN. BKB adalah wadah kegiatan keluarga yang memiliki balita dan anak untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua, ayah dan ibu serta anggota keluarga yang lain agar mampu mengasuh dan membina tumbuh kembang melalui rangsangan fisik, mental dan intelektual, emosional, spiritual, sosial serta moral untuk mewujudkan usia yang berkualitas dalam rangka meningkatkan kesetaraan, pembinaan dan kemandirian.

“Tentunya kegiatan ini harus diikuti dengan baik dan dapat bermanfaat. Apalagi dalam kondisi seperti ini kita harus menjadi pelopor di masyarakat,” ujarnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, wali kota Probolinggo terus mengingatkan terutama terkait varian baru dari virus Covid-19 yang lebih cepat penularannya sehingga kita perlu lebih waspada dan protektif. “Bagi ibu-ibu apabila suaminya pulang dari kerja harus langsung ganti baju dan sebagainya sesuai prokes. Setelah itu bisa bertemu dengan anggota keluarga lainnya. Ini harus menjadi perhatian. Disiplin dalam menerapkan prokes. Mudah-mudahan kita semua diberikan kesehatan dan kekuatan,” pesannya. (miranti)

BAGIKAN