12 Tim Bertanding di Liga Pelajar Wali Kota Cup 2022

2022

MAYANGAN - Sebanyak 12 tim sepak bola akan bertanding di Liga Sepak Bola Pelajar Wali Kota Cup Tahun 2022 yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agus Lithanta, Jumat (18/2) sore di Stadion Bayuangga.

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari Pra Liga Pelajar Wali Kota Cup Tahun 2021 yang mempertemukan 19 tim sepak bola tingkat SMP/MTS Negeri maupun swasta di Kota Probolinggo.

Membacakan sambutan Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, Agus Lithanta menyampaikan bahwa pelaksanaan kompetisi sepak bola ini telah sesuai dengan arahan Presiden tentang perencanaan olah raga nasional. “Berdasarkan instruksi presiden nomor 3 tahun 2019 tentang percepatan pembangunan persepakbolaan nasional dan perpres 86 tahun 2022 tentang desain besar olah raga nasional, maka Pemkot Probolinggo melaksanakan kegiatan kompetisi sepakbola liga pelajar yang bertajuk Wali Kota Cup 2022,” jelasnya.

Dirinya juga memberikan nasehat kepada seluruh pemain agar selalu menjunjung tinggi sportivitas. ”Menang terhormat, kalah pun terhormat. Kalah terus merusak, jangan seperti itu, itu bukan karakter yang baik,” tegasnya.

Tim dalam liga pelajar ini terbagi menjadi dua grup. Grup A terdiri dari SMPN 1, SMPN 7, SMP Sunan Giri, MTs Sunan Giri, SMP Taman Dewasa dan SMPN 8. Sementara grup B terdiri dari SMPN 4, SMPN 3, MTS Negeri, SMPN 6, SMPN 10 dan SMPN 9.

Untuk mengurangi risiko penularan infeksi Covid 19, panitia menetapkan kompetisi digelar tertutup tanpa penonton dan suporter. Sebelum bertanding seluruh pemain dan official harus di test swab antigen terlebih dahulu.

Plt Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Fadjar Poernomo berharap melalui kompetisi ini bisa menjadi semangat bagi pelajar untuk terus berolahraga. “Generasi muda terutama di kalangan pelajar ini bisa kemudian bersemangat kembali, bergairah kembali untuk kemudian menggelorakan semangat olahraga,” harapnya.

Selain itu, dirinya juga memiliki keinginan agar pemain-pemain muda ini bisa mengisi regenerasi atlet di klub sepak bola Persipro. “Bisa menjadi bibit-bibit atlet berprestasi dalam bidang olahraga sepak bola yang tentunya menjadi harapan bagi Persipro Kota Probolinggo untuk berprestasi lebih baik,” pesan Fadjar.

Ketua Koni Kota Probolinggo Rahadian Juniardi, menyambut baik kegiatan Liga Pelajar Wali Kota Cup Tahun 2022 ini, karena mampu memberikan manfaat positif bagi pelajar di tengah keterbatasan pandemi Covid 19. ”Ditengah pandemi ini justru olahraga adalah salah satu upaya untuk meningkatkan imun tubuh dan dengan adanya kegiatan ini positif sehingga ada gerak tubuhnya,” kata Dodik panggilan akrabnya.

Kompetisi ini direncanakan digelar selama 12 hari dari tanggal 18/2 hingga 3/3. Turut hadir menyaksikan antara lain dari perwakilan PSSI Kota Probolinggo serta perwakilan perangkat daerah terkait di lingkungan Pemkot Probolinggo. (dewanta)

BAGIKAN