Ajak Memaknai HPSN dengan Wujudkan Implementasi Nyata

2022

KANIGARAN – Serangkaian kegiatan dilakukan untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2022. Pada Senin (21/2) pagi, digelar apel serentak seluruh Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo dan sekolah.

Dalam sambutan Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin yang dibacakan oleh pembina apel seluruh perangkat daerah dan sekolah, disebutkan berbagai kebijakan pemerintah dalam implementasi pengelolaan sampah di Kota Probolinggo. Mulai dari menetapkan strategi dan melaksanakan dalam bentuk kapasitas kebijakan dan kelembagaan di tingkat lokal, pengelolaan air limbah perkotaan, mengurangi sampah di TPA dengan mempromosikan pendekatan “Reduce, Reuse, Recycle” dan pemanfaatan sampah menjadi bahan baku energi.

“Dalam gerakan nasional pengendalian perubahan iklim menjadi sangat penting, diantaranya dalam program kampung iklim yang menghimpun kegiatan-kegiatan yang dapat mengurangi emisi gas rumah kaca, diantaranya melalui upaya kelola sampah. Program kampung iklim (proklim) merupakan langkah strategis pemerintah dalam membumikan isu global perubahan iklim menjadi aksi bersama di tingkat tapak,” ujar Setiorini Sayekti, Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan saat menjadi pembina apel di halaman kantor Walikota Probolinggo.

Ditambahkan pula oleh Asisten Rini – panggilan akrabnya – bahwa semua elemen dapat berpartisipasi dalam peringatan hari peduli sampah nasional ini. “Jangan euforianya saja tapi peduli sampah, peduli lingkungan sebagai budaya kita. Jadi kecenderungan kita dalam merayakan hari-hari khusus seperti ini kadang-kadang kan berhenti di aksi seremonial tetapi kemudian untuk implementasi nyata tidak semua orang mau melakukan,” kata Rini saat ditemui usai apel. 

“Dari sambutan wali kota tadi menekankan supaya hal ini diwujudkan secara nyata, karena tidak mungkin pemerintah bisa berjalan sendiri tentu saja butuh support dari dunia usaha, dunia pendidikan, dan masyarakat umum, sehingga antara seremonial dan perwujudan nyata berjalan secara berkesinambungan,” sambung Rini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rachmadeta berharap agar masyarakat mendukung pemerintah untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan mengelola sampah dengan baik.

“Kami berharap agar masyarakat tetap mendukung program pemerintah dalam hal kebersihan lingkungan. Untuk peringatan HPSN ini, kami dibantu oleh Paguyuban Peduli Sampah (Papesa) Kota probolinggo, rangkaian acara yang dibuat membantu kami untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Budi Krisyanto juga menjelaskan bahwa sub tema dalam peringatan HPSN 2022 ini ialah Peduli Sampah menuju Kota Probolinggo Hebat dan Handal.

“Artinya dengan semakin besarnya rasa peduli terhadap sampah pastinya akan mengurangi emisi dan ini juga akan berdampak pada Kota Probolinggo sebagai kota yang berketahanan iklim. Aksi nyata kepada masyarakat, seperti yang kita sudah lakukan hari Kamis dan Jumat minggu kemarin yaitu talkshow di Radio Suara Kota dan Aksi Pilah Sampah di perkantoran dan sekolah-sekolah,” ungkapnya.

Hari ini, selain apel dan pembacaan sambutan wali kota di seluruh PD, Papesa dan DLH serta stakeholder terjun langsung untuk kegiatan One Day No Plastic. “Ini sebagai tindak lanjut peringatan HPSN tahun 2022 agar kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap sampah meningkat,” ujar mantan Kepala DLH yang sudah memasuki masa purna bhakti ini. (masita)

BAGIKAN