Aminah Hadi: Budayakan Membaca Dimulai dari Kita dan Anak-anak Kita

2022

KANIGARAN - Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo kerja bareng Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) setempat menyerahkan buku untuk taman baca di Taman Posyandu se-Kota Probolinggo, Kamis (2/6), di pendapa kantor Kecamatan Kanigaran. 

Menurut Kepala Disperpusip Paeni, penyerahan buku untuk taman baca ini selaras dengan tugas, pokok, fungsi lembaga yang dipimpinnya yakni untuk menggerakkan semangat literasi masyarakat. "Literasi itu semangat membaca, kemudian semangat menulis, kemudian semangat meneliti, semangat berdiskusi, semangat bermusyawarah, kemudian menghasilkan sesuatu yang bernilai positif," jelas Paeni di depan puluhan peserta.

Kadis Paeni menambahkan, ketersediaan buku di taman baca posyandu diharapkan dapat menunjang peran para ibu bagi keluarga masing-masing. "Baik pengurusnya maupun yang dilayani masyarakat yang sedang punya anak balita dan sebagainya ini penting harus dicerdaskan, karena ibu itu dalam perspektif Islam adalah madrasah yang utama dan pertama bagi anak-anaknya," ungkapnya. 

Dijelaskan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin taman posyandu adalah sebuah program yang mengintegrasikan layanan pendidikan anak usia dini, bina keluarga balita dan posyandu. Bukan hanya asupan gizi yang harus dicukupi, menurut Aminah pendidikan juga diperlukan untuk menumbuhkan kecerdasan pada anak. 

"Kebutuhan pada masa tumbuh kembang anak tidak hanya sekadar kesehatan dan asupan gizi semata tapi juga pendidikan yang merupakan satu kesatuan intervensi yang utuh dalam menumbuhkan kecerdasan anak secara optimal," kata Aminah.

Meskipun peran buku semakin tergeser dengan perkembangan teknologi informasi, namun Aminah tak surut untuk mengajak para ibu-ibu Tim Penggerak PKK merutinkan kebiasaan membaca buku. "Karena memang dengan kemajuan zaman kemudahan-kemudahan itu kita dapatkan dari gadget, sehingga tugas dari buku itu sendiri sudah mulai tergeser, maka dari itu ibu-ibu budayakanlah membaca dimulai dari kita dan anak-anak kita. Boleh kita mengikuti kemajuan zaman tetapi tidak ada salahnya juga kita tetap membiasakan membaca," pesan Aminah

Adapun beberapa jenis buku yang diserahkan antara lain buku mengenai gizi, tanaman, keterampilan dan buku ilmu pengetahuan. Usai agenda penyerahan buku, peserta diajak untuk mengikuti pelatihan ketrampilan decoupage yang disampaikan oleh pustakawan Disperpusip Nurul Hidayati. Turut hadir mendampingi Ketua TP PKK Kota Probolinggo yakni Ketua Pokja II Wila Purwandari. (dp/fa)

BAGIKAN