Apresiasi Khitan Ceria Gelaran Y-AMI, Habib Hadi Pastikan Pemkot Hadir untuk Warganya

2022

KADEMANGAN - Yayasan Ananda Mutiara Indonesia (Y-AMI) menyelenggarakan Khitan Ceria Spesial Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Minggu (18/9), bertempat di SLB Sinar Harapan 2, Kelurahan Triwung Lor Kecamatan Kademangan. Bergerak di sektor sosial, Y-AMI sukses menggerakkan animo masyarakat untuk menyelenggarakan khitan spesial ABK secara gratis.

Tak hanya di Sidoarjo, namun Y-AMI telah menyelenggarakan giat yang sama di beberapa kota lainnya di Jawa Timur. Sebut saja diantaranya, Malang, Ponorogo dan Kota Probolinggo. Sebanyak 20 anak mengikuti khitan dengan menggunakan metode smart clemp, diyakini lebih mudah proses khitan dan penyembuhannya.

Di bawah naungan Y-AMI yang telah beroperasi sejak 7 Desember 2019 itu juga mengadakan giat sosial lainnya untuk melatih kemandirian anak-anak spesial. Seperti kelas memasak, menari, yoga, pencak silat, calistung diadakan seminggu dua hingga tiga kali.

Hal itu diutarakan Ketua Umum Y-AMI Sidoarjo Yeni sebelum giat berlangsung. Untuk menyenangkan anak-anak spesial ABK itu, Y-AMI menyediakan goodie bag bingkisan dengan beraneka ragam yang disukai anak-anak pada umumnya. Tampak sebuah boneka, aneka makanan dan minuman, baju koko, sarung dan kopyah isi bingkisan itu.

Yeni memiliki 2 orang anak spesial. Ia menitipkan pesan pada orang tua anak spesial ABK lainnya  agar mengkhitankan anak sedari ini. "Kepada orang tua yang memiliki anak spesial ABK ini, jangan takut, jangan cemas. Kita sama-sama senasib seperjuangan. Ayo kita sukseskan untuk kegiatan khitan, jangan ditunda. Karena semakin kecil (umur anak) lebih baik sembuh, jangan tunggu besar. Khitan selain sebagai syariah Islam juga untuk membuat mereka sehat. Jadi memang fungsi kesehatan itu yang kita utamakan untuk anak-anak," beber Yeni.

Giat ini sangat diapresiasi orang nomor satu di Kota Probolinggo, Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin. Ia melihat Y-AMI sebagai wadah luar biasa yang bisa menggerakkan semangat orang tua yang memiliki anak spesial ABK. "Y-AMI ini mempunyai komitmen terhadap anak-anak berkebutuhan khusus, sangat bermanfaat untuk melengkapi apa yang menjadi kendala dan kebutuhan," pujinya.

Ia meyakinkan pada masyarakat Kota Probolinggo atas amanah yang diembannya sebagai wali kota, untuk terus melakukan hal yang bermanfaat. "Khususnya bagi warga Kota Probolinggo, tidak ada alasan apa yang dibutuhkan warganya khususnya di bidang kesehatan harus bisa kita lakukan," yakinnya.

Menurutnya pemerintah harus hadir dalam segala lini kehidupan, dengan dibarengi regulasi dan aturan yang berlaku. "Karena pemerintah dalam melakukan kebijakan dalam anggaran dan lainnya harus ada dasar regulasinya. Tapi kalau ada dasar regulasinya, tidak ada alasan pemerintah untuk tidak bisa membantu," jelasnya.

Kalau pun tidak masuk dalam kebijakan pemerintah, ia menyatakan siap membantu warganya yang mengalami kesulitan dari uang pribadinya. Tak hanya mengapresiasi Y-AMI, Habib Hadi juga mengapresiasi para orang tua anak spesial ABK. Ia menegaskan pada para orang tua itu untuk ikut memberikan informasi padanya terkait bidang kesehatan.

Bukan tanpa alasan, sebab Kota Probolinggo saat ini tercover dalam Universal Health Coverage (UHC) BPJS Kesehatan mencapai 99,77 persen. "Dalam bidang kesehatan bagi warga Kota Probolinggo tidak ada lagi dibebani oleh biaya-biaya yang lain," tegasnya.

Di tengah-tengah sambutannya, bapak empat orang anak itu senang melihat keceriaan anak-anak yang bisa membuat kebahagiaan tersendiri. Terbukti ia begitu ramah menyapa anak spesial ABK yang lalu lalang di depannya.

"Terima kasih untuk pengurus sudah melakukan kemampuan dan kepedulian yang terbaik untuk melaksanakan keikhlasan suatu hal yang mulia ini. Untuk bapak ibu yang ada disini, anda jangan berkecil hati. Ada saya disini, apa yang bisa dibantu, sesuai regulasi yang ada. Kalau perlu silakan kasih informasi apa saja. Mudah-mudahan kita semua bisa mengambil peran sesuai dengan kemampuan kita masing-masing," ajaknya.

Ajakan Habib Hadi itu tentu mendapat respon positif dari Ketum Y-AMI Cabang Probolinggo Eri Hatmi. Ia mengharapkan giat sosial ini ke depan dapat menyelenggarakannya lebih banyak peserta dan penyebaran informasi. "Semoga ke depannya kami bisa punya wadah lebih luas lagi segala aspek bidang, baik dari kesehatan, pendidikan maupun dari sosial. Kami berharap pemerintah kota bisa support kegiatan kami," harap Eri. (DY/fa)

BAGIKAN