Bina Ratusan LKK di Kelurahan Wonoasih

2022

WONOASIH - Dalam rangka penguatan Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK) di Kecamatan Wonoasih, maka dilakukan Pembinaan bagi LKK yang terdiri dari RT/RW, Karang Taruna, LPM, PKK, Posyandu yang tergabung dalam Kelompok Masyarakat (Pokmas) Minakjinggo, Jumat (14/10) siang, di kantor Kelurahan Wonoasih.

Acara ini merupakan kegiatan sinergi antara kelurahan dengan pokmas yang bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman pada LKK terkait Peraturan Daerah (Perda) Kota Probolinggo Nomor 4 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Perda Nomor 1 Tahun 2018 tentang LKK.

Giat yang dibuka secara langsung oleh Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin itu juga tampak dihadiri Camat Wonoasih Deus Nawandi, Anggota DPRD Eko Purwanto dan Kabag Pemerintahan Pudi Adji, yang sekaligus keduanya didaulat sebagai narasumber.

Dalam arahannya, Wali Kota Habib Hadi menyampaikan harapannya pada 100 orang peserta pembinaan itu agar dapat mengaplikasikan dan menjalankan tugasnya masing-masing. Sesuai amanat yang tertuang dalam Peraturan Wali Kota (Perwali) Probolinggo Nomor 31 Tahun 2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perda tentang LKK.

“Tentunya acara ini sangat penting. Karena anda sekalian adalah ujung tombak dari pemerintahan. Jadi sudah sepatutnya, kita menyamakan sudut pandang, menyamakan persepsi sehingga apa yang menjadi kebijakan diatas (pemerintah pusat dan daerah), bisa tersampaikan secara benar sampai ke lapisan masyarakat di bawah,” jelasnya.

Perwali ini sendiri, tambahnya, cukup lengkap penyajiannya. Yakni mulai dari tujuan ditertibkannya, tugas pokok, masa bhakti, masa penggantian dan pemberhentiannya. Pada giat yang dimulai sekira pukul 10 pagi itu, Habib Hadi menyampaikan capaian-capaian yang berhasil dilakukan Pemkot Probolinggo, jelang 4 tahun kepemimpinannya.

Antara lain dari sektor kesehatan, mulai dari program BPJS Kesehatan, ambulans siaga hingga pembangunan RS Ar-Rozi yang diprediksi rampung pembangunannya akhir tahun ini. Lalu di bidang keagamaan, seperti pembiayaan listrik gratis bagi tempat ibadah. Dari berbagai capaian program yang ditorehkan ini, jelasnya, tentu saja berkat dukungan dan partisipasi dari semua pihak. Tak terkecuali peran LKK didalamnya.

“Dari sekian banyak program pemerintah yang telah dijalankan, pasti telah melalui pertimbangan yang matang dan terbaik bagi warganya. Jadi sudah sepatutnya kita sebagai masyarakat ikut mendukung. Mun e dukung panjenengan sedejeh, in sya’Allah, semua program yang ada akan bermanfaat, sukses dan berkah,” tegasnya.

Di akhir sambutannya, Wali Kota Habib Hadi juga menyampaikan terkait keikutsertaan Kota Probolinggo sebagai finalis dari negara Indonesia, di ajang kompetisi persahabatan dunia, We Love Cities, sebagai kota yang paling dicintai.

Untuk itu, orang nomor satu di Kota Probolinggo ini mengimbau seluruh perangkat kelurahan dan LKK yang hadir, untuk turut serta mengkampanyekan giat yang berlangsung hingga 31 Oktober mendatang tersebut dengan cara  mengunjungi situs websitenya, meninggalkan jejak like, coment dan share pada Facebook akun Pemerintah Kota Probolinggo dan Handaledukasi, disertai hastag We Love Cities dan We Love Probolinggo.

“Mari semangat mengenalkan Kota Probolinggo pada dunia, kita buktikan bahwa dengan kebersamaan kita mampu, hebat dan handal untuk mengikuti ajang internasional ini,” serunya. (es/fa)

BAGIKAN