Dukung Ketahanan Pangan, Habib Hadi Serahkan Benih Jagung untuk Poktan

2022

KADEMANGAN - Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin menyerahkan secara simbolis bantuan benih jagung hibrida jenis NK 212 kepada kelompok tani se-Kecamatan Kademangan yang bertempat di Jalan Merapi Kelurahan Triwung Lor, Kamis (18/8) pagi. Tercatat 18 kelompok tani di 6 kelurahan se-Kecamatan Kademangan menerima bantuan benih jagung sebanyak 5,55 ton.

Keunggulan dari benih jagung yang sering dijuluki petani sebagai benih “Wiro Sableng”  memiliki warna biji oranye cerah dengan nutrisi yang cukup tinggi dan harganya yang pas. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan produksi tanaman jagung khususnya di wilayah Kota Probolinggo.

Habib Hadi mengungkapkan bantuan ini searah dengan pidato kenegaraan Presiden  (16/8) lalu tentang kewaspadaan ketahanan pangan. “Jadi momen ini pas dengan adanya kewaspadaan ketahanan pangan, karena di prediksi di tahun mendatang itu akan terjadi perubahan iklim yang mengakibatkan kemarau panjang. Sehingga dari awal kita sudah menyiapkan dan mensupport, selanjutnya tergantung dari para petani untuk terus melakukan apa yang telah diberikan oleh pemerintah. Mudah-mudahan bantuan ini bisa terlaksana dengan baik dan diterima dengan baik oleh semua kelompok tani,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan di tahun 2023 mendatang Pemerintah Kota Probolinggo akan memberikan BPJS Ketenagakerjaan bagi UMKM dan kelompok tani. BPJS Ketenagakerjaan sebagai jaminan sosial bagi para pencari nafkah ketika mengalami kecelakaan kerja sehingga keluarga yang ditinggalkan akan mendapatkan santunan kematian. Santunan kematian ini dapat dimanfaatkan untuk menyambung nafkah hidup keluarga.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah komitmen untuk hadir dan mensupport semua aspek di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo yang bisa bermanfaat bagi masyarakat bakal kita support dan kita dukung,” tandasnya.

Selain kelompok tani di wilayah Kecamatan Kademangan, 2 kelompok tani di wilayah Kecamatan Mayangan juga menerima dropping bantuan benih jagung hibrida jenis NK 212 sebanyak 375 kg dan 11 kelompok tani di Kecamatan Kanigaran sebanyak 2,475 ton.

“Total keseluruhan dengan luasan area 1.400 hektar bantuan benih jagung yang diberikan sebanyak 21 ton. Penyerahan bibit untuk 2 kelompok tani di wilayah Kecamatan Mayangan akan kita satukan penyerahannya di Kecamatan Kanigaran. Mudah-mudahan program ini berjalan lancar, karena berangkat dari kondisi pandemi kemarin setiap daerah harus memiliki upaya untuk pemulihan ekonomi daerah. Salah satunya dengan pemberian bantuan benih jagung ini,” beber Kepala DPKPP Aries Santoso saat ditemui usai acara.

Aries berharap ketersediaan dan ketahanan pangan di wilayah Kota Probolinggo akan semakin terjamin. Supaya para petani juga memiliki peluang dan semangat untuk memanfaatkan potensi lahannya untuk budidaya tanaman jagung.

“Hal ini seirama dengan harapan Menteri Pertanian RI agar tidak hanya mempola pada tanaman pangan (padi) saja tetapi memungkinkan pada tanaman sorgum diantaranya seperti gandum, jagung dan lain-lain. Ini adalah salah satu support dari daerah untuk menjaga stabilitas ketahanan pangan di daerah,” harapnya.

Ketua Kelompok Tani Rukun Tani Kelurahan Kademangan, Nanang mengaku senang menerima bantuan benih jagung hibrida jenis NK 212 ini. “Saya mengucapkan terima kasih. Harapan kami bantuan benih jagung ini dapat bermanfaat dan berkah untuk kami. Semoga benih unggul ini tidak terjadi serangan penyakit dan saat musim panen nanti harga dapat melambung tinggi,” urainya.

Ia juga berharap Pemkot Probolinggo dapat segera merealisasikan BPJS ketenagakerjaan bagi para kelompok tani, agar dapat bermanfaat bagi para petani. (mir/fa)

BAGIKAN