Fasilitasi SIPI, Habib Hadi Wujudkan Harapan Nelayan Kota Probolinggo

2022

KANIGARAN - Usai diserahkannya berkas administrasi kapal eks cantrang milik warga Kelurahan/Kecamatan Mayangan pada awal Agustus lalu. Rabu (10/8) malam, puluhan pemilik kapal yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Probolinggo itu kunjungi Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin di rumah dinasnya.

Ketua HNSI Kota Probolinggo H.Jupri mengatakan, bahwa dirinya dan anggota himpunan patut bersyukur karena Wali Kota Habib Hadi sangat membantu para nelayan. Salah satunya dengan telah dikeluarkannya Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI).

"Wali kota sudah memberi kepuasan bagi masyarakat nelayan, terutama dari nelayan lokal, kita rumit mulai tahun 2015 sampai sekarang alhamdulillah kita ketemu titik terangnya. Bahwa SIPI sekarang di luar kota pun tidak terealisasi cuma di Kota Probolinggo yang terealisasi duluan," terang H. Jupri yang menjabat sebagai ketua sejak tahun 2021 itu.

Selain menerima silaturahmi kunjungan usai menunaikan ibadah haji, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi juga memanfaatkan momen tersebut untuk mendengarkan keluhan dan permintaan dari warga Mayangan. "Selain itu juga, saya tanyakan apa yang menjadi kendala di sana, sehingga ini menjadikan suatu informasi sehingga saya dan PD (Perangkat Daerah) terkait bisa untuk hadir di tengah tengah komunitas para nelayan ini supaya kita bisa mencarikan solusi," jelas Habib Hadi.

Menurut wali kota, meskipun regulasi perizinan dokumen kapal berada di wilayah kerja pemerintah pusat dan provinsi, namun Pemerintah Kota Probolinggo tetap akan mengupayakan untuk menjembatani dan memenuhi kebutuhan para nelayan.

"Walaupun regulasi-regulasi yang dihadapi oleh para nelayan ini dikeluarkan oleh pusat dari kementerian dan dari Dinas Perikanan provinsi sehingga kewenangan kota tidak ada, tapi itu bukan alasan. Karena ini adalah warga kota, kita harus hadir membantu menjembatani, memfasilitasi sehingga apa yang menjadi kendala para nelayan, kehadiran pemerintah daerah ini betul-betul dirasakan," terang wali kota yang juga berpesan kepada HNSI agar menjadi wadah resmi dalam memfasilitasi aspirasi para nelayan Kota Probolinggo. (dp/fa)

BAGIKAN