Forkopimda Sambut Kepulangan 87 Jemaah Haji Kota Probolinggo

2022

KANIGARAN - Sabtu (30/6) pagi, pukul 7 tepat, rombongan jemaah haji asal Kota Probolinggo telah tiba. Rombongan disambut Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin, forkopimda, sekretaris daerah, ketua DPRD, dan jajaran Kementerian Agama setempat.

Senyum sumringah menghiasi wajah mereka saat turun dari bus. Diketahui, rombongan yang berjumlah 87 orang tersebut berangkat dari Makkah pada Kamis (28/7) dan tiba di tanah air pada Jumat (29/7) dini hari, kemudian transit di Asrama Haji, Sukolilo, Surabaya untuk diperiksa covid-19 menggunakan antigen.

Hasil tes Kloter 20 dimana jemaah haji asal Kota Probolinggo termasuk didalamnya dinyatakan negatif dan dapat melanjutkan perjalanan pulang ke daerah asalnya. Selain Kota Probolinggo, daerah yang termasuk Kloter 20 ialah Kabupaten Sampang, Kota Batu dan Kabupaten Gresik.

Prapti, seorang jemaah haji yang tinggal di Jalan Mawar mengatakan sangat bersyukur bisa menjalankan ibadah haji di tahun ini setelah menunggu 11 tahun. "Sangat bersyukur, Alhamdulillah, yang tadinya disini jalan 1,5 km saja sudah ga sanggup, menggos-menggos. Alhamdulillah, disana diberi kesehatan, kekuatan, kemudahan bisa melakukan ibadah, kalau dihitung-hitung, pulang pergi bisa 3 km dan itu bisa bolak balik sampai 4 kali,” jelasnya dengan nada suara bergetar menahan haru.

Prapti juga mengaku bahwa cuaca disana cukup panas, bahkan pernah suhu tertinggi ialah 41°C. "Jadi kalau kita memang berniat sungguh-sungguh beribadah, niatnya dipertebal lillahi ta'ala, insyaallah dimudahkan. Cuacanya memang panas, tapi lagi-lagi Alhamdulillah semua dimudahkan,” tuturnya.

Dirinya juga sangat berterimakasih kepada Pemkot Probolinggo yang sangat perhatian kepada jemaah haji. “Pemkot sangat perhatian kepada kami, bahkan bapak wali kota dari sebelum berangkat, ketika disana, kami benar-benar diperhatikan, diberikan pembinaan. Semoga saja kedepannya, Pemkot terus bisa perhatian kepada jemaah haji dan semoga kuota hajinya terus bertambah. Aamiin,” harap wanita berusia 62 tahun ini.

Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin menyambut antusias para rombongan jemaah haji. "Ya rombongan jemaah haji asal Kota Probolinggo sudah tiba dengan selamat dalam kondisi yang sehat semua. Kita sambut dan kita atur penjemputannya dengan keluarga (di halaman belakang kantor Pemkot), biar bisa langsung pulang juga," kata Habib Hadi menjelaskan teknis penyambutan jemaah haji. (sit/fa)

BAGIKAN