Gadis PenterMas, Momen Pertemukan Wali Kota dengan Guru Sekolah

2022

MAYANGAN - Rangkaian kegiatan menyemarakkan Hari Jadi ke 663 Kota Probolinggo (HadiPro) tahun 2022 mulai digelar. Salah satunya Gadis PenterMas (Gelar Diseminasi Informasi Pelayanan Terpadu Masyarakat) gelaran Dinas Komunikasi dan Informatika, Minggu (28/8) pagi di Kawasan Car Free Day (CFD) di Alun-alun.

Tak disangka kegiatan tersebut mempertemukan Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin dengan gurunya saat duduk dibangku SMP, Samsul Arifin. Mendengar Samsul Arifin dulu mengajar di SMP Sumber Kareng (sekarang SMP Sumberasih 1), Habib Hadi langsung meletakan microphone dan berdiri memeluk gurunya.

"Pak Samsul ini guru saya dulu, waktu sekolah, dulu sekolah sama ya (dengan anak pada umumnya), ada nakalnya juga. Tapi meskipun senakal-nakalnya kita, tidak boleh melupakan jasa seorang guru. Karena jasanya yang menjadikan saya seperti sekarang ini," ucap Habib Hadi dengan suara bergetar.

Menurut Samsul Arifin, sejak SMP tipe kepemimpinan Habib Hadi sudah nampak. “Waktu itu tipe kepemimpinannya sudah ada. Betul. Kalau mau kemana saja pada saat istirahat, lihat sepak bola, dibelakangnya banyak teman-teman yang ikut. Kalau sehari-harinya biasa, hanya saja kepemimpinannya tampak,” kenang guru Bahasa Indonesia itu.

Saat mengetahui muridnya menjadi kepala daerah, Samsul dan guru-guru lainnya mengaku sangat bangga. “Bangganya begini, orang kota kan biasanya sekolah di kota. Hadi (Habib Hadi) ini justru keluarganya sekolah di Sumber Kareng. Jadi ada kebanggaan tersendiri,” imbuh Samsul yang mengakui perubahan di kota terlihat di kepemimpinan muridnya tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Habib Hadi menyampaikan informasi terkait HadiPro 2022 yang dilaksanakan pada 2-11 September mendatang. "Peringatan Hari Jadi ke 663 Kota Probolinggo tentunya menjadi awal setelah kita melalui masa pandemi selama dua tahun setengah. Sekaligus kita mensyukuri apa yang kita rasakan saat ini, aktivitas bisa mulai bebas, tapi saya berpesan kepada masyarakat, pandemi covid-19 masih belum hilang. Vaksin dan protokol kesehatan harus tetap dijaga. Untuk melindungi keluarga tercinta di rumah," jelas Habib Hadi didampingi Sekda drg. Ninik Ira Wibawati, Asisten Administrasi Umum sekaligus Ketua HadiPro Budiono Wirawan, Kepala Diskominfo Pujo Agung Satrio dan Kepala DKUPP Fitriawati.

Disampaikan juga oleh Habib Hadi bahwa rangkaian HadiPro 2022 ini 90 persen didukung oleh para sponsor karena minimnya anggaran pemerintahan"Ini suatu kebanggan bagi kita, dengan rangkaian yang luar biasa dan sponsor yang mendukung acara ini. Dan berlangsungnya juga agak lama yaitu 10 hari di Stadion Bayuangga,” terang Habib Hadi.

Selain menjelaskan terkait HadiPro 2022, orang nomor satu di Kota Probolinggo tersebut berinteraksi dengan masyarakat. Seperti yang disampaikan Firdaus, Pecinta Satwa Probolinggo yang juga diundang untuk memberi hiburan dan pertunjukan hewan peliharaan reptil dan musang.

Firdaus menyampaikan uneg-unegnya kepada wali kota agar diberikan fasilitas untuk komunitasnya seperti menggelar pameran Pecinta Satwa se-Indonesia. Wali kota pun mengapresiasi saran tersebut. "Bisa saja kami kasih tempat dan waktu dalam mendukung komunitas ini untuk turut merayakan HadiPro. Akan kami tanyakan ke DLH dulu," jawab Habib Hadi tanpa canggung memegang ular, biawak dan iguana tersebut.

Gadis PenterMas juga menampilkan Kesenian Angklung dari Suaka D'Galeng Kelurahan Kedung Galeng dan Tarian Genjring Party dari SMAN 1 Kota Probolinggo. Tidak ketinggalan yang merupakan ciri khas Gadis Pentermas yaitu Pelayanan Terpadu dari Dispendukcapil, PDAM, DKUPP, Dinkes dan Pegadaian. (Sit/fa)

BAGIKAN