Gelar Koleksi Kesejarahan dan Perpustakaan Agama

2022

PROBOLINGGO – Masih dalam rangkaian Hari Santri tahun 2022 di Stadion Bayuangga, Sabtu (22/10), juga digelar Arsip Kesejarahan dan Perpustakaan Keagamaan.  Gelaran koleksi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ini memamerkan arsip foto sejarah pendirian pondok pesantren di Kota Probolinggo.

Foto sejarah yang ditampilkan adalah foto-foto tempo dulu seperti stasiun lama, rumah residen, rumah sakit, kantor polisi, stasiun bis, dan lintasan kereta api. Selain itu juga menampilkan foto-foto wali kota Probolinggo dari masa ke masa, profil dokter Muhamad Saleh, serta profil dari beberapa pondok pesantren. Antara lain Ponpes Riyadlus Sholihin Ketapang, Ponpes Zainul Islah Kanigaran, Ponpes Roudlotut Tholibin Kademangan, Ponpes Nurul Hidayah, Ponpes An Nur Sumber Taman, dan Ponpes Al Manshuri.

Setelah upacara Hari Santri berlangsung, Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin meninjau pameran sejarah untuk melihat koleksi foto yang ada disana. Di pameran itu Arizki Pradana seorang tuna netra membaca Al Qur`an dengan menggunakan Al-Quran braille. “Tidak ada alasan tidak bisa, jika tidak pernah mencoba dan berusaha untuk menuntut ilmu,” tutur Wali Kota Habib Hadi dengan kagum usai melihat Arizki. (mg/aini/fa)

BAGIKAN