Gelar Pelatihan Pemanfaatan Enceng Gondok Sentong

2022

KANIGARAN - Melihat potensi di Kelurahan Jrebeng Wetan memiliki sungai Sentong, disana tumbuh subur tanaman yang mengapung di atas air sungai, yaitu enceng gondok. Itulah yang menginisiasi Kelompok Masyarakat (Pokmas) Sentong Jrebeng Wetan menggelar Pelatihan Dasar Pembuatan Produk Kreatif dari Enceng Gondok, Senin (19/9), di Bale Hinggil.

Melalui tema Membangun kreatifitas bersama masyarakat, untuk pulih lebih cepat bangkit lebih kuat, mewujudkan Kota Probolinggo yang hebat dan handal itu, giat ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman, keterampilan membuat produk dari bahan enceng gondok sehingga bermanfaat dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Hal itu disampaikan Ketua Pokmas Sentong Zainal Abidin dalam laporannya.

Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin didampingi Camat Kedopok Imam Cahyadi, Lurah Jrebeng Wetan Sutari dan Narasumber Asep, menjelaskan bahwa di kepemimpinannya yang berjalan tahun ketiga ini concern pada pengembangan destinasi wisata. Selain Sentong ada Pantai Permata Pilang dan Jogging Track di Taman Maramis menuju Gladak Serang.

“Bahwasanya Jrebeng Wetan mempunyai potensi keunggulan yang bisa kita dikembangkan, yaitu Sentong. Mudah-mudahan impian saya bisa terwujud dan bisa bermanfaat buat lainnya. Jadi pemikiran saya, Sentong jangan sampai ketinggalan karena ini dapat memajukan daerahnya dan saya punya komitmen itu,” tuturnya.

Menurutnya, keberhasilan itu harus berproses. Karena tanpa berproses tidak mungkin bisa mengukur keberhasilan. Untuk itu, ia mengingatkan pokdarwis setempat berkolaborasi dan memiliki komitmen yang sama. “Saya minta pada pokdarwis ini untuk mengawal, mengevaluasi, mencermati berbagai tantangan, kendala dan harapan. Karena pemerintah membuat kebijakan, selanjutnya mengalokasikan anggaran ke kelurahan-kelurahan berdasarkan hasil musyawarah (musrenbang) yang kemudian memunculkan ide-ide yang sangat luar biasa, seperti pelatihan ini. Anda harus membantu saya dan saya mewujudkannya,” pintanya.

Ia berharap melalui pelatihan ini dapat menambah nilai ekonomi bagi warga yang terdampak di sekitar Sungai Sentong. Ia juga menunggu hasil nyata dari pelatihan yang dilaksanakan tersebut. (DY/fa)

BAGIKAN