Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan, Ketua Forikan Bagikan Seribu Ikan Asap

2022

KANIGARAN - Dalam rangka  meningkatkan konsumsi ikan melalui Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan), Rabu (27/4) sore, Forikan (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan) gelar kegiatan Semarak Ikan Asap bersama Ketua Forikan Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin di Stan Bazar Ramadan Jalan Suroyo.

Usai pembukaan acara, Aminah Hadi yang datang bersama suami, Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin, tanpa ragu untuk turut serta membuat ikan asap di lokasi pengasapan yang sudah disediakan. Meskipun pekatnya asap membuat pedih di mata, dirinya mengaku antusias untuk membuat ikan asap. "Luar biasa, saya sering sih mengasap di rumah, cuma tidak seperti ini asapnya banyak sekali, tapi seru," jelasnya usai mengasap ikan. 

Aminah pun mengaku, anak-anaknya dirumah juga sangat menyukai ikan, terlebih ketika dipadu dengan sambal. Menurutnya, manfaat mengkonsumsi ikan bagus untuk tumbuh kembang anak-anak. Sehingga, melalui kegiatan Semarak Ikan Asap ini, dirinya mengajak masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan. "Ayo kita semua makan ikan karena ikan itu sehat apalagi untuk anak-anak untuk pertumbuhan otak dan pastinya ayo kita semua makan ikan," tandasnya.

Ajakan Aminah untuk gemar makan ikan didukung sepenuhnya oleh Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin. Menurutnya, hidangan yang paling nikmat pada saat berbuka puasa adalah ikan asap. "Sehingga ikan asap ini menjadi trend di bulan-bulan puasa ini, masyarakat untuk berbuka itu ikan asap jadi favoritnya, hidangan yang paling sederhana tapi paling nikmat," ungkap Habib Hadi.

Usai mengasap ikan, Aminah Hadi yang didampingi oleh Sekda Ninik Ira Wibawati, Kepala DKUPP (Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan) Fitriawati, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Aries Santoso, anggota Tim Penggerak PKK Kota dan anggota Paguyuban UMKM membagikan 1000 paket takjil yang berisi ikan asap dan minuman kepada para warga yang lewat di lokasi kegiatan.

Novita dan teman-temannya yang kebetulan lewat di Bazar Ramadan juga kebagian paket takjil ikan asap dari Aminah Hadi. Dirinya berencana akan menyantap menu ikan asap ini saat berbuka puasa nanti. "Dapat 7 ikan asap, suka sekali, rencana dimakan sama nasi terus sama bikin sambal, pas untuk buka puasa," katanya. (dp/fa) 

BAGIKAN