Gerakan Sadar Wisata Ajak Masyarakat Menjadi Agen Informasi Pariwisata

2022

KADEMANGAN - Minggu (31/7) pagi, Pantai Permata Pilang dipilih menjadi lokasi acara Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona. Agenda promosi destinasi wisata ini digagas oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur bersama dengan Pemerintah Kota Probolinggo.

Disampaikan oleh Kabid Destinasi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Susiati bahwa tujuan dilaksanakannya acara ini adalah untuk menciptakan masyarakat yang aktif sadar wisata. "Terciptanya masyarakat destinasi pariwisata yang aktif dan terlibat langsung dalam mewujudkan destinasi pariwisata yang mencerminkan nilai nilai sapta pesona," jelas Susiati.

Didepan 100 peserta yang terdiri dari tokoh masyarakat, pengelola kampung wisata dan perwakilan kelompok sadar wisata (pokdarwis), Susiati juga menyerahkan bantuan sarana prasarana untuk mendukung fasilitas penunjang di Pantai Permata Pilang. Diantaranya 100 sapu lidi, 50 tempat sampah dan 5 wastafel.

Menyampaikan sambutan mewakili Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, Sekretaris Daerah drg. Ninik Wibawati menerangkan bahwa pembangunan infrastruktur pariwisata dan peningkatan kapasitas SDM menjadi strategi pembangunan destinasi wisata kedepan. "Strategi pengembangan wisata probolinggo mencakup pembangunan infrastruktur penunjang, peningkatan SDM, pembenahan aksesibilitas menuju destinasi wisata serta pengembangan destinasi wisata yang berkelanjutan," ungkap Sekda Ninik.

Selain itu, Sekda Ninik juga mengajak partisipasi masyarakat dan pokdarwis untuk menjadi agen informasi pariwisata di Kota Probolinggo. "Peran serta masyarakat yang diharapkan adalah menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan salah satunya adalah kesiapan dalam menjadi agen-agen wisata yang dapat memberikan informasi tentang kekayaan destinasi wisata Kota Probolinggo," ajaknya.  

Bersama dengan Sekda Ninik hadir di Pantai Permata sambil gowes yakni guru Lingkungan Hidup Kota Helsingborg Swedia Peter Book. Kunjungan dirinya kali ini dalam rangka kerja sama keberlanjutan perencanaan pembuatan jalur sepeda di Kota Probolinggo.

Usai seremonial, Sekda Ninik bersama dengan Susiati, Peter Book dan perwakilan PD terkait diajak untuk menanam bibit mangrove. Penanaman ini sekaligus memperingati Hari Mangrove Sedunia tanggal 26 Juli lalu.

Melengkapi acara promosi wisata, juga dipamerkan beragam produk UMKM Kota Probolinggo antara lain kerajinan seni lukis bakar, makanan olahan produk ikan, minuman tradisional dan batik khas Kota Probolinggo.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bappeda Litbang Tartib Goenawan, Kepada DLH Rahmadeta Antariksa, Kepala DKUPP Fitriawati, Kepala DPKPP Aries Santoso, Kepala DPUPRPKP Setiorini Sayekti, Plt Kepala Dispopar Fadjar Poernomo, Camat Kademangan Gofur Effendi serta para narasumber. (dp/fa)

BAGIKAN