Habib Hadi Apresiasi Aksi Pokmas Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

2022

KADEMANGAN - Mengatasi masalah persampahan memang dibutuhkan program pengelolaan yang komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir agar memberikan manfaat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan. Sehingga sampah tidak hanya menjadi timbunan di tempat pembuangan akhir (TPA), tetapi menjadi sesuatu yang memiliki nilai guna dan nilai jual.

Berangkat dari hal inilah Kelurahan Curah Grinting Kecamatan Kanigaran melalui Pokmas Guyub Rukun menggelar sosialisasi pengolahan sampah bagi masyarakat yang bertempat di Homeland Café, Kamis (1/9).

Ketua Pokmas Guyub Rukun, Nafi’ah dalam laporannya mengatakan tujuan kegiatan ini untuk mengedukasi masyarakat terkait masalah persampahan karena kurang pedulinya warga dan akan berakibat fatal bagi kelestarian lingkungan. “Mengedukasi warga tentang mengolah sampah agar menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi,” ujarnya.

Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin yang membuka kegiatan ini mengatakan masyarakat masih melihat sampah sebagai sesuatu yang tidak membuahkan hasil secara ekonomi. “Padahal kalau dikelola dan diolah, ditambah dengan sosialisasi ini bisa menambah wawasan dan pemahaman. Karena selama ini seperti botol air kemasan setelah itu dibuang, padahal itu sangat besar nilainya jika kita berhasil untuk mengelola sehingga berdampak terhadap pertambahan ekonomi,” terangnya.

Habib Hadi berharap kegiatan ini tidak sebatas kegiatan yang tidak ada tindak lanjutnya. Ia meminta agar Pokmas berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) agar ada program yang berkesinambungan yang bisa dilakukan oleh perangkat daerah terkait. “Karena kita ingin semangat yang ada, komitmen yang ada ini terus berlanjut sehingga bisa mengembangkan potensi-potensi baru. Saya mengapresiasi Pokmas ini yang mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan,” bebernya.

Habib Hadi menekankan jika persoalan sampah tidak hanya menjadi urusan pemerintah saja karena pemerintah sudah berusaha menyiapkan tenaga dan sebagainya untuk menjaga kelestarian lingkungan di Kota Probolinggo. Namun tanpa adanya kesadaran dari warga akan sulit untuk mengatasi masalah sampah.

“Tidak ada istilah terlambat asal ada kemauan sebagai langkah awal untuk menjadikan komitmen dan pola pikir kita bahwa sampah bisa menjadi berguna dan akan dirasakan manfaatnya. Mudah-mudahan ke depannya dari kelurahan dan kecamatan dapat berkoordinasi dengan DLH, misal di lingkungan ini butuh gerobak sampah, tempat sampah atau pelatihan komposting dan sebagainya supaya bisa disupport, karena tanpa didukung masyarakat mustahil jika hanya pemerintah saja yang melakukan,” ungkapnya.

Dengan kebersamaan maka sebesar apapun tantangan yang dihadapi akan terasa ringan karena warganya ikut serta menjaga dan melakukan yang terbaik sesuai dengan harapan pemerintah. “Tetap semangat, terus melakukan yang terbaik minimal untuk lingkungan kita sendiri dan nantinya insyaallah akan menjadi percontohan dari daerah lainnya. Mudah-mudah kegiatan ini berjalan lancar dan hasilnya akan dirasakan manfaatnya, sekarang dan selamanya,” pesan wali kota.

Ditemui usai acara, Camat Kanigaran Agus Riyanto mengatakan pelaksanaan sosialisasi didasari kondisi sampah yang ada di wilayah Kelurahan Curah Grinting Kecamatan Kanigaran. “Di Kelurahan Curah Grinting ada TPST di Jalan Citarum yang sebenarnya sudah ditutup, tetapi kenyataannya masyarakat masih membuang sampah disitu. Inilah salah satunya yang melatarbelakangi kita mengadakan kegiatan sosialisasi ini untuk merubah perilaku masyarakat. Sebenarnya sudah sebagian besar masyarakat berubah, tetapi masih ada saja masyarakat yang membuang sampah sembarangan,” harapnya.

Sosialisasi pengelolaan sampah ini juga dihadiri Lurah Curah Grinting dan diikuti oleh 45 peserta terdiri dari Dasawisma, petugas sampah, Babinsa dan Babinkamtibmas serta pengurus Pokja Kampung KB di wilayah Kelurahan Curah Grinting. (mir/fa)

BAGIKAN