Habib Hadi Roadshow Temui Ketua RT-RW dan LPM di Tiga Kecamatan

2022

MAYANGAN - Senin pagi (13/6), Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin buka sosialisasi pemberian penghargaan atas suatu prestasi bagi RT, RW dan LPM se-Kota Probolinggo di 3 lokasi berbeda yakni di Aula Kelurahan Mangunharjo, Pendapa Kecamatan Kedopok dan Pendapa Kecamatan Kanigaran.

Penghargaan yang dimaksud adalah pemberian uang sebesar Rp 150.000, tiga kali dalam setahun untuk 1257 orang Ketua RT, RW dan LPM se-Kota Probolinggo.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Agus Dwiwantoro mengawali agenda di Kelurahan Mangunharjo menyampaikan bahwa penghargaan ini diberikan kepada Ketua RT, RW dan LPM atas dedikasinya mendukung program pemkot sehingga meraih 32 penghargaan tingkat nasional dan 23 penghargaan tingkat regional.

"Memberikan penghargaan kepada kelurahan, RT dan RW karena mereka sangat berperan aktif dalam mewujudkan pemerintahan yang baik sehingga telah dirasakan manfaat dan hasilnya oleh masyarakat Kota Probolinggo melalui penghargaan yang telah diperoleh Pemerintah Kota Probolinggo mulai tahun 2019 sampai dengan 2021," terang Kabag Kesra.

Dari puluhan penghargaan yang diraih Pemkot, tiga diantaranya adalah raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian atas LKPD Kota Probolinggo dari BPK RI selama 5 tahun berturut-turut, berikutnya program Siskia Pro Cantik mewakili Indonesia dalam ajang Asean ICT Award 2019 Vientiane, selanjutnya penghargaan dari Gubernur Jawa Timur atas kerja sama mewujudkan Nawa Bhakti Satya melalui Jatim Berdaya dalam Program One Pesantren One Product 2021.

Sementara itu, Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin di depan puluhan Ketua RT, RW dan LPM mengatakan bahwa seluruh penghargaan yang diterima oleh Kota Probolinggo adalah hasil kerja bersama seluruh warga Kota Probolinggo. "Keberhasilan pemerintah karena berkat bapak ibu semua, tanpa bapak ibu semuanya mustahil kita bisa merasakan apa yang kita rasakan," katanya.

Penghargaan atas prestasi ini makin melengkapi berbagai fasilitas guna menunjang pelayanan masyarakat, khususnya bagi Ketua RT dan RW. Diantaranya bantuan paket internet untuk operasional pelayanan Portal Emas, kenaikan honorarium dan bantuan BPJS Ketenagakerjaan untuk santunan kematian.

Terkait dengan kebersihan di lingkungan sekitar, wali kota meminta kepada ketua RT/RW untuk menghidupkan kembali kerja bakti bersama warga. "Urusan di lingkungan, mesti begitu banyak dinamika yang ada, yang mana selokan, yang mana banjir, sampah banyak, itu tolong warganya diajak kerja bakti, karena tidak mungkin semua itu ditanggung pemerintah. Kalau memang butuh alat untuk dikeruk segala macam kasih surat kita informasikan ke lurahnya," imbau wali kota.

Melengkapi aplikasi Portal Emas yang sudah berjalan, Habib Hadi juga menginstruksikan ketua RT dan RW untuk menginstal aplikasi Mangga Manis milik Polres Probolinggo Kota sebagai sarana pelaporan gangguan ketentraman dan ketertiban di masyarakat. "Wajib didownload oleh RT, RW yaitu aplikasi Mangga Manis, apabila ada terjadi di lingkungan anda, ada perjudian, ada keramaian yang meresahkan warga, tinggal lapor," ucap Habib Hadi.

Bantuan subsidi listrik untuk tempat ibadah juga kembali disampaikan Wali Kota Habib Hadi kepada peserta sosialisasi. "Jadi apabila ada masjid di lingkungan Bapak Ibu RT RW yang belum di cover pembiayaan untuk jasa listriknya, segera untuk diusulkan," ajaknya.

Kemudian, lolosnya Kota Probolinggo bersama dengan DKI Jakarta dan Kota Balikpapan sebagai finalis di ajang We Love Cities 2022 yang diikuti oleh 72 kota dari 31 negara, wali kota memohon kekompakan seluruh masyarakat agar dapat memberikan vote saat penjurian di bulan September nanti. "Bulan September nanti kita Kota Probolinggo masuk finalis dari 31 negara, kita butuh bantuan untuk voting, nanti kita akan share votingnya, RT RW wajib untuk nge-share ke lingkungannya untuk membantu nge-vote supaya Kota Probolinggo masuk dalam nominasi we love cities," arahan Wali Kota Habib Hadi.

Usai acara, Ketua RT 03 RW 16 Kelurahan Kebonsari Kulon Kecamatan Kanigaran Septia Diah mengucapkan terima kasih kepada wali kota atas pemberian penghargaan untuk RT, RW dan LPM. "Terima kasih untuk Pak Wali untuk rewardnya," ucap Septia.

Mendampingi wali kota di agenda sosialisasi antara lain Asisten Administrasi Pemerintahan Gogol Sudjarwo, Plt Camat Mayangan M. Abbas, Camat Kedopok Imam Cahyadi, Camat Agus Rianto serta pejabat kecamatan dan kelurahan setempat. Selain tiga kecamatan ini, dua kecamatan lain yakni Kademangan dan Wonoasih juga bakal bertemu dengan Wali Kota Habib Hadi.  (dp/fa)

BAGIKAN