Harumkan Nama Kota Probolinggo, Anindya Dinobatkan Sebagai Duta Bahasa Jawa Timur

2022

PROBOLINGGO – Anindya Rizky Rahmadhani, gadis asal Kota Probolinggo dinobatkan sebagai Duta Bahasa Jawa Timur 2022. Sebelum sampai pada babak penobatan, Anindya yang tinggal di Perumahan Gubernur Suryo itu berhasil menyingkirkan puluhan peserta lain yang berasal dari berbagai kabupaten/kota di wilayah Jawa Timur.

Dea, -ia akrab disapa, mengawali perjalanannya sebagai Duta Bahasa Jawa Timur 2022 dengan mengumpulkan berkas pendaftaran ke Balai Bahasa Jawa Timur. Berbagai tahapan tes pun dilalui sampai pada akhirnya ia menjadi salah satu finalis yang terpilih untuk mengikuti kegiatan karantina penobatan.

Pada probolinggokota.go.id, Dea bercerita, tampil di atas panggung adalah passion-nya. Dan itu berlangsung sejak ia lepas Sekolah Dasar (SD). Ia bahkan mengikuti ajang model atau fashion demi menyalurkan hobi tersebut. Hobi itu berkembang menjadi keinginan untuk mempelajari public speaking, yang diakuinya, pada awalnya dipelajari secara otodidak dari internet, relasi dan berbagai pengalaman fashion yang digeluti.

Alumni SMAN 1 Probolinggo itu juga pernah mengikuti ajang pemilihan Kang Yuk Kota Probolinggo 2019 dan keluar sebagai pemenangnya. Tak hanya itu, perempuan cantik itu juga pernah mengikuti Gadis Sampul di tahun 2020. Dan sempat menjadi finalis Raka Raki Jatim di tahun 2020.

Ia menuturkan, dukungan dari kedua orang tuanyalah yang membuatnya makin bersemangat. Ia mengaku senang dan bangga akan prestasi yang diraihnya. Ia juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantunya selama proses penobatan berlangsung.

“Saya berterima kasih kepada semua pihak, terutama keluarga, atas dukungannya selama ini. Nggak nyangka, modal nekat dengan waktu yang begitu mepet dan sempat salah informasi, nama saya justru keluar sebagai pemenangnya. Padahal teman-teman lain rasanya lebih jago, apalagi mereka berasal dari kota besar di Jawa Timur,” ungkapnya.

Sebagai seorang Duta Bahasa, Dea menjadi mitra kerja Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur dalam memasyarakatkan penggunaan bahasa Indonesia yang tertib. Selain itu, dalam waktu dekat ia akan melenggang ke ajang pemilihan Duta Bahasa Nasional. “Aku mau maju ke (ajang pemilihan)  Duta Bahasa Nasional tiga bulan lagi. Doain ya,” pintanya.

Di akhir wawancara kami, Dea berpesan pada generasi muda Probolinggo untuk tak takut bermimpi dan selalu bersemangat dalam meraih prestasi sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing serta terus menginspirasi. “Jangan takut bermimpi, dan semangat dalam meraih prestasi. Serta terus menginspirasi masyarakat melalui minat dan bakat kalian,” tutur mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Surabaya ini.

Ajang pemilihan duta bahasa merupakan sebuah ajang pemilihan figur generasi muda yang bertugas untuk mengampanyekan dan menyosialisasikan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. (ne/fa)

BAGIKAN