Ikut Gowes Bareng Wali Kota, Sugi Bawa Pulang Sepeda Lipat

2022

KANIGARAN - Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin bersama Sekda drg Ninik Ira Wibawati, Dandim 0820/Probolinggo Letkol Arh Arip Budi Cahyono, dan Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa’bani gowes bareng, hari ini (11/8), dalam rangka HUT Koperasi Ke-75 Tahun 2022.

Kegiatan gowes itu diikuti ratusan peserta yang juga diikuti kepala Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo dan pelajar menengah atas. Peringatan Hari Koperasi Nasional ke 75 tahun 2022 kali ini mengambil tema “Transformasi Koperasi untuk Ekonomi Berkelanjutan”. Dimana tepat pukul 6 pagi ratusan peserta gowes dilepas panitia dan kembali ke garis finish.

Mengambil rute mulai dari kantor wali kota Jalan Panglima Sudirman 19 menuju Jalan Soekarno Hatta ke Jalan Supriadi, lanjut Asabri menuju ke Taman Maramis terus ke Bundaran Gladak Serang, lalu peserta menuju Jalan Cokroaminoto lurus ke Jalan Panglima Sudirman kembali dan finish di kantor pusat Pemkot. Di garis finish, peserta sudah disambut dengan berbagai hadiah menarik yang bisa dibawa pulang.

Salah satunya adalah Sugi, pria asal Kelurahan Sukoharjo Kecamatan Kanigaran, yang kemudian berhasil membawa pulang hadiah utama berupa 1 unit sepeda lipat. Sugi mengaku hadiah itu ia persembahkan untuk anaknya yang masih bersekolah di tingkat menengah pertama.

“Anak saya kehilangan sepeda dua kali. Dan ternyata hari ini Allah ganti dengan yang lebih bagus dan terbaik. Alhamdulillah, terima kasih Pak Wali,” ujar karyawan sebuah koperasi yang berlokasi di Jalan Cokroaminoto itu.

Sementara itu Kepala DKUPP Kota Probolinggo Fitriawati, ditemui usai gowes menyampaikan bahwa, giat ini adalah rangkaian Hari Koperasi yang diperingati 12 Juli tiap tahunnya, namun untuk gowes baru dilaksanakan pagi tadi.

“(giat pagi ini) Adalah rangkaian giat hari Koperasi yang ke 75, yaitu gowes bersepeda bersama dengan Wali Kota. Sebelumnya kami mengadakan gebyar tasyakuran tumpeng yang dilakukan bersama dengan pergerakan Koperasi se-Kota Probolinggo, kemarin,” katanya.

Fitri mengatakan, giat ini bertujuan untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat, agar kesehatannya senantiasa terjaga. Khususnya pada mereka yang belum atau kurang mempunyai kebiasaan berolahraga. Sekaligus sebagai ajang untuk mengkampanyekan lingkungan yang bersih dan sehat, dengan melibatkan kaum milenial untuk berpartisipasi.

Ia menambahkan, koperasi sendiri memiliki peran yang sangat besar dalam menyejahterakan masyarakat. ”Sesuai amanat founding fathers kita, negeri kita dibangun sistem ekonominya adalah koperasi. Ini menjadi tantangan kita di era global, era digital bahwa koperasi punya peran besar untuk menyejahterakan masyarakat,” terangnya.

Selain itu, menurutnya, koperasi harus dikelola secara profesional dan harus mampu mengadopsi, serta mengantisipasi perkembangan dan dinamika yang terjadi dalam masyarakat, termasuk dalam era digital seperti sekarang ini.

“Koperasi juga harus mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mengembangkan skala usaha dan meningkatkan efisiensi serta efektifitas pengelolaan manajemen dan usahanya,” imbuhnya.

Perempuan berhijab itu berharap, peringatan hari koperasi tahun ini menjadi momentum untuk peningkatan koperasi yang ada di Kota Probolinggo dan koperasi dapat terus berkembang serta diterima oleh generasi muda.  

“Para generasi milenial kita telah menjadikan platform digital sebagai pilihan utama dalam kehidupannya. Dengan potensi itu, saya berharap, kalangan milenial juga turut aktif membawa perubahan dalam transformasi ekonomi digital khususnya koperasi digital,” tandasnya. (es/fa)

BAGIKAN